250 KK Desa Petalongan Belum Nikmati Aliran Listrik

0
1284

“Dari 20 RT yang ada di Desa Petalongan, 18 RT sudah teraliri listrik ke masing-masing rumah warga. Masih tersisa 2 RT lagi yang warganya belum bisa menikmati aliran listrik,” kata Kepala Desa Petalongan, Jasmarizan kepada wartawan, Kamis (8/12/2016).

Sehingga, selama ini, dikatakan Jasmarizan, warga dari 2 RT tersebut, terpaksa harus bertahan dalam keadaan gelap setiap harinya.

Jasmarizan mengungkapkan, pihak Pemerintah Desa Petalongan, telah membangun koordinasi dengan pihak PLN guna dilakukannya pemasangan listrik ke setiap rumah warga di 2 RT tersebut. Namun, sampai sejauh ini, sambungnya, belum ada tindaklanjut oleh PLN dari hasil koordinasi tersebut.

“Kemarin, memang sempat dilakukan pengukuran jarak dalam rencana instalasi listrik ini. Namun, setelah itu tidak ada tindak lanjut lagi dari PLN,” tukasnya.

Sementara, untuk rencana pemasangan listrik secara swadaya oleh masyarakat menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), dikatakan Jasmarizan, membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Instalasi listrik melalui PLTD biayanya tinggi. Perekonomian masyarakat di 2 RT tersebut juga tidak merata, sebagian warga tidak sanggup untuk membayar tagihan listrik guna pengoperasian PLTD itu. Belum lagi, persoalan perlengkapan dan peralatan kelistrikan yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Untuk itu, Pemerintah Desa Petalongan, dikatakan Jasmarizan, akan melakukan pengajuan usulan pemasangan aliran listrik ke 2 RT tersebut kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) mendatang.

“Kami akan coba memasukkan usulan pemasangan listrik ini kepada Pemda Inhil di Musrenbangdes mendatang. Semoga, saja Pemda Inhil dapat menerima dan menindaklanjuti usulan kami tersebut,” tutupnya.

(HR/RT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here