31 Napi Kabur, Petugas Tak Bisa Melawan

0
317

Kalimantan, SuaraTrust.com – Suasana hening di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banjarbaru tiba-tiba berubah ramai seketika. Para penghuni Lapas itu teriak lantaran ada puluhan napi yang merangsek keluar. Mereka berhasil membuka salah satu pintu gerbang Lapas untuk melarikan diri.

Kalah jumlah, empat petugas pada Minggu (25/12) malam mendapatkan giliran jaga tak mampu berbuat apa-apa. Malahan mereka harus diamankan oleh napi lainnya, agar tak diserang oleh 31 Napi yang ingin kabur.

“Petugas hanya bisa melaporkan kejadian ini dengan Kalapas. Setelah itu berkoordinasi dengan Polres Banjarbaru, untuk melakukan pengejaran bagi napi yang kabur,” kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Imam Suyudi dikutip dari Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group), Selasa (27/12).

Usai mendapatkan laporan, Polres Banjarbaru langsung melakukan pengejaran. Dibantu oleh anggota Brimobda Kalsel, Senin (26/12) kemarin sebanyak 26 napi yang kabur berhasil ditangkap. Dengan begitu tersisa lima napi yang masih dalam pengejaran.

Mengenai kronologi kaburnya para Napi, Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Imam Suyudi menuturkan, kejadian berawal adanya keributan di Blok I sekitar pukul 23.00 Wita. Di mana blok tersebut dikhususkan untuk para Napi narkotika.

“Keributan terjadi karena ada satu orang napi bernama Jali yang memprovokasi napi lainnya untuk melakukan penyerangan ke petugas jaga,” ujarnya.(Jp/St)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here