4 Regu Masyarakat Perduli Api ( MPA) Kel.tanjung palas

0
1371

Dumai (SuaraTrust.com) – Unsur pimpinan kelurahan (upikel) Tanjung Palas Kec. Dumai Timur bersama warga dari 4 RT adakan rapat pembentukan masyarakat peduli api (MPA) yang terbentu MPA Kel Tanjung Palas, Sabtu (19/10/2019).

Acara berlangsung sejak pukul 09.00 pagi bertempat dilantai 2 Kantor Kelurahan Tanjung Palas,  dibentuknya Regu pemadam api beranggotakan warga masyarakat.

Dinamai masyarakat peduli api (MPA) bertujuan untuk bisa siap bergerak dalam mencegah jika terjadi ada titik api. Antisipasi dengan cepat dilakukan dalam mencegah kebakaran lahan dan hutan. Dimana seperti diketahui bahwa wilayah hukum kel Tanjung Palas yang memiliki hamparan lahan yang lumayan luas dikelola oleh warga untuk lahan pertanian.

Anggi Sukma Buana S.STP Lurah Tanjung Palas dalam hal uni menjelaskan, maka perlu ada langkah persiapan dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan.

” Dari pengalaman selama ini, kondisi lahan diwilayah Kel Tanjung Palas Kec Dumai Timur, jika musim iklim kemarau panjang, tidak terelakkan ada rembesan api jika terjadi titik api yang membara didalam lahan yang rata-rata tergolong lahan gambut Api bisa cepat menyebar jika tidak secepatnya dicegah maka berakibat fatal. Maka Regu pemadam api harus dipersiapkan karna itulah MPA Kel Tanjung Palas dibentuk, yang nantinya siap diturunkan langsung melakukan pencegahan dan melakukan pemadaman api dilahan yang terbakar ” ungkapnya

Rapat pembentukan MPA Kel Kelurahan Tanjung Palas ini dihadiri Ketua RT, Ketua LMPK serta beberapa anggora keluarga dari 4 RT yang diundang oleh Kelurahan. Acara pembentukan MPA tersebut berlangsung dengan baik juga dihadiri oleh babinsa Kel Tanjung Palas Serma Azman, dan babinkamtibnas Aiptu Burhan Zahari, termasuk Kasi Trantib Kel Tanjung Palas Sumarsih.S.Sos dan ketua LPMK Rifai Hasmi, juga dihadiri 4 ketua RT yakni RT.04 Suharyanta, RT 01 Amir, RT 012 Budiono, RT 08 selaku yang mewakili Ketua RT Pak Gino juga turut hadir.

” Keputusan rapat pembentukan MPI Kel Tanjung Palas disepakati ada 4 Regu pasukan MPA diantaranya, Regu Paman Jaya, Regu Dumai Motor, Regu Batu Bintang, dan Regu Sri Pulau, dari hasil rapat tersebut disepakati bersama memilih pengurus MPA Pengurus terpilih diantaranya ketua Yustanto, Sekretaris Rizki dan Bendahara adalah Hariawan ” pungkas nya Anggi Sukma Buana S.STP

penjelasan diperoleh, InSyaaAllah Regu MPA Kel Tanjung Palas ini dalam waktu tidak lama lagi segera megikuti kegiatan pelatihan Pemadaman di Pertamina RU II Dumai. Terpisah, terkait MPA Kel Tanjung Palas yang baru dibentuk, menurut Babinsa Serma Azman, kita berharap regu MPA untuk Karhutla senantiasa dapat bergerak cepat turun lapangan untuk melakukan pencegahan maupun melakukan pemadam MPA dilahan dan hutan yang terbakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here