Bersikukuh Larang Cadar, DPRD Segera Panggil Pihak STAIN

0
1232

Bengkalis, SuaraTrust.com – Pasca hebohnya larangan mengenakan cadar di lingkup Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, beberapa waktu lalu yang sempat heboh diperbincangan masyarakat Bengkalis bahkan Riau.

Maka, untuk memastikan berita tersebut, beberapa perwakilan pemerhati pendidikan Bengkalis melakukan tabayyun ke pihak kampus. Pertemuan yang santai dan penuh keakraban terjadi di salah satu kedai kopi di Bengkalis.

Salah satu perwakilan aliansi menanyakan perihal tersebut kepada pihak STAIN Bengkalis, maka pihak STAIN membenarkan aturan tersebut, dan pihak STAIN Bengkalis meminta masyarakat menghormati keputusan tersebut.

Sebagaimana tertuang dalam etika mahasiswa STAIN Bengkalis yang menyebutkan ” Bahwa Wanita harus memperlihatkan wajahnya (tidak mengenakan cadar, burkah dan sejenisnya).

Alasan pelarangan itu disampaikan oleh ketua STAIN Bengkalis, Prof, Samsul Nizar yang dirilis beberapa media, ujarnya karena ingin meminimalkan kelompok garis keras masuk ke kampus STAIN Bengkalis.

Persoalan Cadar ini mendapatkan perhatian serius oleh DPRD Bengkalis, salah satu anggota DPRD Bengkalis Abi Bahrun dalan akun komentar Facebooknya menuliskan kita segera panggil pihak STAIN Bengkalis untuk hearing persoalan cadar ini.

Di tempat terpisah, ketua komisi fatwa MUI Propinsi Riau DR.H.Nurhadi husen, Lc, MA, memberikan penjelasan terkait cadar ini pertama Pendapat madzhab Hanafi, wajah wanita bukanlah aurat, namun memakai cadar hukumnya sunnah (dianjurkan) dan menjadi wajib jika dikhawatirkan menimbulkan fitnah.

Kedua, Mazhab Maliki berpendapat bahwa wajah wanita bukanlah aurat, namun memakai cadar hukumnya sunnah (dianjurkan) dan menjadi wajib jika dikhawatirkan menimbulkan fitnah. Bahkan sebagian ulama Maliki berpendapat seluruh tubuh wanita adalah aurat. Pendapat madzhab Syafi’i, aurat wanita di depan lelaki ajnabi (bukan mahram) adalah seluruh tubuh. Sehingga mereka mewajibkan wanita memakai cadar di hadapan lelaki ajnabi. Tutupnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here