All for Joomla All for Webmasters
4.9 C
New York
Jumat, Oktober 19, 2018
Beranda Berita Terbaru BI Siap Luncurkan Uang Rupiah Baru Hari Ini

BI Siap Luncurkan Uang Rupiah Baru Hari Ini

0
245
Peluncuran uang dengan desain baru ini merupakan pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ciri uang sebagaimana diatur dalam UU tersebut. Salah satu cirinya adalah memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan sesuai keputusan presiden.

Sesuai Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia, BI akan menerbitkan tujuh pecahan uang rupiah kertas.

Selain itu, BI juga akan menerbitkan empat pecahan uang rupiah logam. Ada 12 pahlawan nasional yang akan menjadi gambar muka desain baru rupiah baru. Menurut BI, penggunaan 12 gambar pahlawan nasional tersebut juga bertujuan lebih mengenalkan pahlawan pada masyarakat.

Selain itu, penggunaan gambar pahlawan itu juga untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, kejuangan, dan sikap keteladanan, serta mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara.

Untuk uang rupiah lama, Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat bilang, masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran sah. “Uang rupiah kertas dan logam yang masih beredar saat ini masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran,” kata Arbonas baru-baru ini.

Sebanyak 12 pahlawan nasional ini termasuk Dr Ir Soekarno (Proklamator kemerdekaan RI, Presiden Pertama RI), Drs Mohammad Hatta (Proklamator kemerdekaan RI, Wakil Presiden Pertama RI) dan Ir H Djuanda Kartawidjaja (Pengukuh kedaulatan Indonesia).

Kemudian ada pula Letjen TNI TB Simatupang (Pelindung kemerdekaan Indonesia), Dr Tjipto Mangunkusumo (Pendiri Tiga Serangkai), Prof Dr Ir Herman Johannes (Pelindung paripurna Indonesia) dan Mohammad Hoesni Thamrin (Perintis revolusi kemerdekaan Indonesia).

Tjut Meutia (Pejuang kemerdekaan Indonesia dari era kolonial Belanda), Mr I Gusti Ketut Pudja (Tokoh penentu NKRI), Dr GSSJ Ratulangi (Gubernur pertama Sulawesi), ,Frans Kaisiepo (Pahlawan kemerdekaan Indonesia) dan Dr KH Idham Chalid (Guru besar Nahdatul Ulama) pun masuk daftar.

Untuk itu, kamu juga bisa menonton langsung peluncurannya di kanal YouTube BI pada pukul 09.00.

(SM/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Free WordPress Themes, Free Android Games