Bupati Minta ASN Senantiasa Berinisiatif, Kreatif dan Inovatif dalam Bekerja

0
195

Bengkalis, SuaraTrust.com –  Pada akhir Desember 2016, dan 11 Januari 2017 lalu, dilakukan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, dan pejabat pengawas.

Untuk itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin berharap kepada para pejabat yang mendapat amanah tersebut, serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Bengkalis, agar senantiasa berinisiatif, kreatif dan berinovasi dalam bekerja.
“Jadilah tauladan dalam menegakkan peraturan perundang-undangan, baik di tempat kerja, maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan dalih dan alasan apapun, jangan lakukan tindakan pungutan liar maupun gratifikasi. Apalagi sampai mengatasnamakan pimpinan,” tegas Amril.
Penegasan ini disampaikannya ketika menjadi inspektur upacara peringatan hari Kesadaran Nasional, di Halaman Kantor  Bupati Bengkalis, Selasa (17/1/2017) pagi.
Masih Kata Bupati Bengkalis, kepada ASN, kapan dan dimanapun, disiplin dan tekunlah dalam bekerja. Karena, dalam aspek apapun, disiplin diri dan ketekunan adalah jembatan emas menuju kesuksesan.
“Dengan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas, serta tidak malas bekerja, bekerjalah seperti singa, jangan seperti kijang,” sebut Amril memberikan umpama.
Bupati menafsirkan, mengapa Singa selalu bisa memburu Kijang, padahal Kijang lebih cepat larinya dibandingkan Singa. Karena Kijang banyak menoleh, akibatnya larinya menjadi lambat, sehingga memberi peluang pada Singa untuk menerkamnya. Sementara Singa tahu apa yang menjadi tujuannya. Tak sedikitpun berpaling dari tujuannya itu.
“Agar dapat menjadi singa, pelajari tugas pokok dan fungsi masing-masing, dengan dedikasi yang tinggi, serta penuh rasa tanggung jawab. Jangan lihat rumput tetangga, fokus dan bersihkan saja laman rumah kita,” pesannya.
Mantan anggota DPRD Bengkalis tiga priode ini juga meminta kepada ASN untuk memperbaharui terus informasi, khususnya peraturan perundang-undangan, yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi dimaksud. Apalagi saat ini, sejalan dengan banyaknya kritisi masyarakat terhadap kualitas kinerja aparatur, perubahan berbagai regulasi berkenaan, terkadang terjadi sangat cepat.
“Berikan masukan bernas kepada pimpinan, baik lisan atau tertulis. Seperti kerab kami sampaikan, siapapun kita, sebagai bagian dari sebuah organisasi, kita tidak boleh membuat pimpinan, di level manapun, salah melangkah, keliru dalam mengambil kebijakan, karena kita tak mau mengingatkannya,” jelas Amril.
 Bupati mengaku sangat terbuka untuk hal yang demikian, 24 jam sehari semalam. Begitu pula untuk kritik yang sifatnya membangun dan terus memajukan daerah.
Turut terlihat hadir, Waka Polres Bengkalis, Kompol Dhana Ananda Saputra, Kasdim 0303/Bengkalis Mayot Inf Ricad Harisab, Dan Posal Bengkalis Letda ‘Boy’ Hartono dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah H Arianto, serta tamu undangan lainnya.

(HUMAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here