Deteksi Gempa, Pemerintah Diminta Belajar dari Jepang.

0
429
Gempa di daerah Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Foto: Dok SN

Jakarta, SuaraTrust.com – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengapresiasi langkah cepat pemerintah dalam menangani korban bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Gempa di daerah Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Foto: Dok SN
Gempa di daerah Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Foto: Dok SN

Taufik berharap, bencana gempa bumi yang kerap melanda sejumlah wilayah di Indonesia bisa menjadi pelajaran untuk pemerintah dalam menyiapkan antisipasi melalui deteksi dini.

“Kita tentu saja terus berdoa dan berharap kejadian serupa tidak terulang atau dapat diantisipasi melalui deteksi dini,” kata Taufik saat dihubungi, Jumat (9/12/2016).

Dalam perkara deteksi dini terhadap gempa bumi, Taufik mengatakan, Pemerintah Indonesia bisa belajar banyak dari beberapa negara yang sering dilanda musibah serupa, seperti Jepang.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, deteksi dini dapat meminimalisir jatuhnya korban dalam jumlah besar. Masyarakat juga akan lebih sigap dalam menghadapi bencana alam.

Masih kata Taufik, penanganan pemerintah terhadap korban gempa bumi di Aceh sudah cukup optimal. Menurutnya, mulai dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dalam upaya mengevakuasi korban.

“Tentu saja ini semua berkat kerja sama dengan TNI, Polri, BNPB, LSM dan seluruh elemen bangsa yang datang dan ikut dalam misi kemanusiaan di Aceh,” ucap Taufik kepada wartawan. (SN/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here