Diduga Dinas Pertanian Siak Bungkam,,Tidak Melakukan Rekomendasi Sanksi Cabut Izin PT WSSI

0
2563

Siak (SuaraTrust.com) – Permasalahan perkebunan kelapa sawit PT Wana subur sawit indah (WSSI) menjadi perbicangan publik dikarenakan diduga banyak kesalahan kesalahan yang dilanggar pihak perusahanan, Sabtu (08/08/2020).

Menurut data yang didapati media SuaraTrust.com, PT  Wana Subur Sawit indah (Wssi) belum Memiliki Hak Guna Usaha ( HGu ) sebagaimana sesuai surat edaran teguran dari Dinas Pertanian Siak nomor 521/Distan-bun/2020/706 .

Dalam perkara ini PT wssi sudah mendapatkan teguran berkala sejak tahun 2018 sampai tahun 2020 terbukti nomor 521/Distan-bun/2020/709 yang isinya pada pasal 26 apabila dinyatakan sebagai perusahaan perkebunan kelas E atau Kelas V maka izin usaha perkebunannya di cabut

Disamping itu juga PT. Wana Subur Sawit Indah (Wssi) belum pernah memberikan penilaian usaha perkebunan atau (PUP) sejak Tahun 2010 hingga saat ini tahun 2020 belum dilakukan penilaian.

Sesuai peraturan Menteri Pertanian Nomor 07 tahun 2009 tentang pedoman penilaian usaha perkebunan pasal 4 ayat 4 dilaksanakan paling kurang 1 tahun dan tahap operasional 3 tahun.

Sementara surat teguran baru keluar di tahun 2018 tahun 2019 dan tahun 2020 , yang paling ironisnya tahun sebelumnya tidak ada surat teguran, ada apa dengan Dinas pertanian kabupaten Siak ???

Riski Sumanda NGo Forester Indonesia dalam hal ini mengatakan, pelanggaran pelanggaran yang dilakukan PT Wana subur sawit indah (WSSI) sudah dibawa ke dinas pertanian dan perkebunan Provinsi Riau hanya saja pihak dinas provinsi hanya memberi kewenangan atau melimpahkan kepada dinas pertanian kabupaten Siak, namun yang kita dapati pihak dinas pertanian Siak diduga tidak ada ketegasan untuk memberi Sanksi keras untuk merekomendasikan ke Kementrian pertanian dan perkebunan untuk izinnya dicabut.

” Kita juga sudah mendapat surat dukungan dari DPRD Provinsi Riau yang menyatakan agar dinas atau kementrian pertanian cq Dirjen Perkebunan agar izin PT wssi agar dicabut sesuai dengan ketentuan ketentuan yang berlaku ” ungkapnya

Lanjutnya, ada nya permasalahan dan pelanggaran yang dilakukan PT wssi ini kita adukan kepada ketua DPH LAMR Provinsi Riau Datuk Seri Abu Bakar sehingga kami mendapat respon yang cepat sampai sampai dari LAMR Provinsi Riau menyurati Dinas Pertanian Siak untuk segera memberi Sanksi berat untuk merekomandasikan kepada kementrian pertanian cq Perkebunan untuk mencabut izin PT Wana subur sawit indah (WSSI).

” Kamis kita juga sudah melaporkan kepada bagian biro hukum kementriaan pertanian cq Perkebunan sehingga respon dengan cepat, dan mereka akan melaporkan atau menyampaikan hal ini ke Dirjen, dan pihak kementerian mengatakan apabila kesalahan sesuai dengan laporan maka izin PT Wana subur sawit indah akan kita cabut ” ujarnya Riski Sumanda

Riski Sumanda juga menyampaikan hingga saat ini NGo Forester Indonesia akan menelusuri kasus kebakaran tahun 2019 PT wana Subur Sawit Indah yang diduga macet, dalam komunikasi kita dengan humas PT WSSI Irwandi kepada kita melalui via seluler mengatakan sampai hari kiamat pun izin PT WSSI tidak akan bisa dicabut.

” Kita minta kepada dinas pertanian Siak, Provinsi Riau bahkan kementrian pertanian cq Dirjen perkebunan agar segera mencabut izin PT WSSI karena telah melanggar peraturan peraturan yang berlaku ” tutupnya

Konfirmasi awak media SuaraTrust.com kepada Kabid pertanian dan perkebunan Ihsan melalui via seluler belum memberi keterangan dan jawaban apapun.

Sementara awak media suaratrust.com minta konfirmasi percakapan via seluler humas PT WSSI Irwandi dengan NGo Forester Indonesia Riski Sumanda yang berbunyi ” sampai hari kiamat pun PT wssi izinya tidak bisa dicabut ” belum memberi jawaban apapun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here