Diduga Limbah B3 Menjadi Timbunan Area Rumah dan Halaman Masyarakat Bukit Kapur

0
367

Dumai, SuaraTrust.com Р Masyarakat Bukit Kapur rata rata penimbunan jalan serta area halaman rumah banyak menggunakan limbah b3 pabrik, namun hal ini masyarakat tidak mengetahui bahwa jenis timbunan jenis limbah b3, sabtu (23/12).

Ketika awak media mendapat laporan langsung turun kelapangan melihat jenis limbah yang berada diperkarangan rumah warga dan tepi jalan, ternyata limbah b3 jenis sisa pembakaran batu bara (bottom ash) dan tanah seperti kecoklatan (bleaching).

Ry, salah seorang warga bukit kapur mengatakan tidak mengetahui bahwa jenis timbunan adalah limbah b3 dan tidak banyak mengetahui akibat dari limbah b3.

” timbunan ini kami meminta bantuan dari salah satu pabrik di lubuk gaung, tapi kami tidak mengetahui banyak apa jenis timbunan ini ” kata Sy kepada Wartawan

Berdasarkan PP. No.85 tahun 1999 tentang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), fly ash dan bottom ash dikategorikan sebagai limbah B3 karena terdapat kandungan oksida logam berat yang akan mengalami pelindihan secara alami dan mencemari lingkungan, yang dimaksud dengan bahan berbahaya dan beracun (B3) adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya beracun yang karena sifat dan atau konsentrasinya dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan atau merusakkan lingkungan hidup,  atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lain.

Dari keterangan Kadis DLH ketika dikonfirmasi awak media diruangan kerjanya mengatakan limbah b3 tidak boleh sembarang tempat apa lagi diperkarangan rumah atau untuk jalan, kita sama komisi 3 sudah turlap mengenai limbah b3, apa bila ada mobil yang membawa limbah b3 tidak mempunyai izin pengangkutanya masyarakat boleh menangkap membawa kepada pihak berwajib. (Redaksi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here