dr H Sunaryo Dukung Kegiatan Hoyak Tabuik GEMPAR Kota Dumai

0
386

Dumai, SuaraTrust.com – Panitia pelantikan generasi muda pariaman (GEMPAR) kota dumai silaturahmi dirumah pribadi wakil DPDR Provinsi Riau dr H Sunaryo dijalan takari kota Dumai, sabtu (07/10).

Pertemuan dihadiri ketua generasi muda pariaman (GEMPAR) Andes Pahmican, ketua panitia Zainal Aung, sekretaris panitia Deky Indrawan serta ketua ninik mamak PKDP kota Dumai M.Nasir.

Kunjungan kerumah wakil DPRD Provinsi Riau dr H Sunaryo untuk menyampaikan pelaksanaan pesta Hoyak Tabuik serta pelantikan pengurus generasi muda pariaman (GEMPAR) kota Dumai.

Pelaksanaan pawai pesta Hoyak Tabuik akan dilaksanakan pada hari minggu 15 oktober, dimulai dari simpang POLRES Dumai sampai ke Taman Bukit Gelanggang.

Hoyak Tabuik adalah tradisi kota pariaman sumatera barat dimulai sejak tahun 1824 yang kala itu diadakan oleh para pedagang islam dari Bengkulu, Aceh, India dan Arab.

hoyak alam bahasa Minang artinya digoyang-goyang, Rangkaian adat Tabuik di Pariaman diawali dengan upacara mengambil  atau ma-ambiak tanah yang dilakukan pada tanggal 1 Muharram.

Setelah itu dilanjutkan acara menebang atau manabeh batang pisang, kemudian mengarak  atau ma-arak jari-jari , mengarak sorban atau ma-arak saroban,  tabuik naik pangkat atau menyusun rangkaian menara tabuik, dan puncaknya adalah menggoyang atau ma-hoyak tabuik sambil diarak  menuju pantai  Gondoriah.

Deky Indrawan sektetaris panitia, dalam pertemuan dengan dr H Sunaryo mengatakan sangat mendukung kegiatan hoyak tabuik yang diadakan generasi muda pariaman kota Dumai.

” saya sangat mengapresiasi GEMPAR Kota Dumai dapat melaksanakan kegiatan akbar ini ,  karena saya tau Hoyak Tabuik merupakan Event yvonne sangat Besar di kota Asalnya Pariaman ” kata sekretaris panitia Deky indrawan yang disampaikan H Sunaryo

Lanjutnya ” dr H Sunaryo akan mengatur jadwal disela sela kegiatan di DPRD Provinsi untuk menghadiri Event Budaya Masyarakat ini ” tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here