Hadiri Wisuda Amik Mitra Gama, Bupati Tantang Lulusan Agar Jadi Wirausahawan

0
236

Humas Bengkalis Mandau, SuaraTrust.com – Dalam konteks persaingan global yang semakin terbuka saat ini, tentu banyak tantangan yang harus dihadapi. Bukan hanya antar negara atau daerah, tetapi antar lulusan perguruan tinggi pun harus bersaing menonjolkan keunggulan masing-masing.

  • “Tak jarang, hanya lulusan perguruan tinggi yang berkualitas saja yang akan memenangkan persaingan itu. Apalagi saat ini sudah diberlakukan masyarakat Ekonomi Asean, dimana tenaga kerja dari negara Asia Tenggara Lainnya dapat mengisi peluang kerja yang ada di negara kita, bahkan di Kabupaten Bengkalis ini,” ucap Bupati.
  • Ungkapan itu disampaikan Amril Mukminin saat memberikan sambutan dihadapan civitas dan seluruh undangan pada acara wisuda XII Akademi Manejemen Informasi Komputer (AMIK) Mitra Gama Duri, di Maidina Convention Center gedung AMIK Mitra Gama, Sabtu (10/12/2016) siang.
  • Apa lagi menurut Amril saat ini kian sempitnya kesempatan kerja, khususnya di bidang pemerintahan akibat adanya moratorium penerimaan Aparatur Sipil Negara maupun pengurangan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan akibat melemahnya ekonomi, Amril berharap lulusan AMIK Mitra Gama dapat menjadi wirausahawan.
  • “Apalagi di era kemajuan teknologi informasi seperti saat ini peluang untuk usaha semakin terbuka lebar. Dengan bekal penguasaan teknologi dan sistem informasi, kami optimis para lulusan AMIK ini mampu mengimplementasikannya,” sebut Amril Mukminin.
  • Bupati menjelaskan, wirausahawan yang dimaksud tentunya dalam pengertian menghasilkan produk atau barang. Tetap bisa sebagai agen penasaran dari produk yang dihasilkan oleh produsen.
  • “Misalnya, memasarkan produk-produk yang ada di Kecamatan Mandau atau bahkan di Kabupaten Bengkalis melalui Internet. Kejar dan manfaatkan situasi ini sebagai salah satu cara untuk untuk menjadi wirausaha,” tuturnya.
  • Dengan kesempatan seperti ini, Amril berharap para lulusan AMIK Mitra Gama Duri ini agar benar-benar dapat menjadi wirausahawan dengan mengoptimalkan penguasaan teknologi informasi yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan.
  • “Manfaatkan peluang besar dan menjanjikan ini dengan penguasaan teknologi informasi yang kalian dapatkan. Kami betul-betul optimis kalian bisa untuk itu. Jadilah pencipta lapangan kerja bagi masyarakat, bukan sebagai pencari lapangan kerja,” tutup Amril.
  • Untuk diketahui mahasiswa yang diwisudakan pada hari itu untuk program Diploma 3 AMIK Mitra Gama Duri dinyatakan lulus dan berhak mengikuti wisuda sebanyak 137 mahasiswa.
  • Sidang senat terbuka ini pun dipimpin Direktur AMIK Mitra Gama, Pauzun SKom MSc. Turut dihadiri sejumlah pihak seperti Koordinator Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri), Ketua Aptisi Wilayah X-B.
  • Hadir juga Plt Asisten I Setda Bengkalis, Hj Umi Kalsum, Asisten II, H Heri Indra Putra, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril, Plt Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis, Edi Sakura, Camat Mandau, Djoko Edy Imhar, Camat Pinggir Fahrizal, Danramil 04 Mandau Kapten Inf Y Mendrofa, serta ratusan orang tua pendamping. *** ( HA/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here