Harga Minyak Melambung Tinggi Usai Kesepakatan OPEC

0
190

New York, SuaraTrust.com – Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) sepakat untuk memangkas keseluruhan produksi minyak sebesar 1,2 juta barrel per hari. Kesepakatan yang dicapai OPEC ini menggiring penguatan harga minyak dunia secara signifikan.

Mengutip CNN Money, jumat (2/12/2016), harga minyak mentah dunia melonjak hampir 9 persen menjadi 49,20 dollar AS per barrel. Hal ini sejalan dengan perayaan investor terkait kesepakatan yang sudah lama ditunggu-tunggu ini.

Kesepakatan tersebut akan mematok OPEC pada level produksi baru, yakni 32,5 juta barrel per hari mulai Januari 2017 mendatang. Angka tersebut turun dari 33,6 juta barrel per hari yang diproduksi OPEC pada bulan Oktober 2016.

“Kami akhirnya bisa mencapai kesepakatan. Kesepakatan ini untuk kesejahteraan dan kesehatan perekonomian dunia,” ujar menteri perminyakan Qatar Mohammed bin Saleh al-Sada.

Al-Sada menyebut, Indonesia memutuskan untuk mencabut sementara keanggotannya dari OPEC karena tidak bisa setuju untuk memangkas produksi minyak.

Kesepakatan tersebut membuat sebagian besar negara anggota OPEC memangkas produksi minyak mereka sebesar sekira 4,6 persen.

Arab Saudi, produsen terbesar OPEC akan mengalami penurunan produksi sekira 500.000 barrel per hari.

Adapun beberapa negara produsen minyak utama dunia lainnya pun juga harus memangkas produksi dengan kombinasi 600.000 barrel per hari.

Al-Sada menyebut, Rusia harus memangkas produksi sebesar 300.000 barrel per hari. Idenya adalah dengan pemangkasan produksi, maka harga minyak akan terdorong menguat.

Pada bulan Februari 2016 lalu, harga minyak anjlok menjadi hanya 26 dollar AS per barrel. (KMP/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here