Hindari Kredit Fiktif USP Desa Pambang Pesisir, ini Upaya Kades Pasla

0
1713

Bengkalis (SuaraTrust.com) – Untuk mengantisipasi terjadinya pengeluaran pendanaan fiktif di Unit Simpan Pinjam (USP), Kepala Desa Pambang Pesisir, Kec. Bantan, Kab. Bengkalis, Pasla menggelar rapat dengan pengurus di Aula Kantor Desa, Kamis (21/11/19).

Menurut Pasla, yang juga salah satu Komisaris dan Pengurus di Badan Usaha Milik Desa BUMDesa tersebut, dalam pembukaan mewanti-wanti kepada seluruh pengurus USP, agar jangan sampai terjadi pinjaman fiktif.

“Upaya kehati-hatian ini, saya buktikan dengan melakukan upaya konsolidasi serta mengurus segala keperluan yang menyangkut dengan administrasi calon pemanfaat kepada pihak Bank Mandiri Cabang Bengkalis, “katanya.

Yakni, lanjut Pasla, hari ini saya menyerahkan langgsung buku rekning dan ATM kepada pemanfaat yang mengajukan pinjaman sebelumnya, dalam rekning masing-masing pemanfaat telah ditransfer uang dari rekening kas USP.

“Mengingat uang yang kami kelola ini adalah uang negara untuk kepentingan usaha dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, agar jangan sampai terjadi penyaluran pinjam fiktif, maka kami berkomitmen penyalurkan pinjaman usaha ini melalui salah satu bank, “tambah Pasla.

Insyaallah, dengan upaya ini kami lakukan paling tidak bisa terhindar dari praktek penyaluran kredit usaha fiktif, dan tinggal menunggu setiap bulannya kewajiban pemenfaat kepada pengurus.

“Jika pembayarannya lancar, kedepan bisa kami kembangkan lagi untuk calon pemanfaat yang baru, “jelasnya lagi.

Secara kesimpulan, langkah yang dilakukan oleh Kades Pambang Pesisir Pasla, adalah upaya yang konkrit dan efektif, untuk menghidari terjadinya praktek penyaluran pinjaman usaha ke masyarakat yang fiktif. Sehingga bisa dapat dijadikan contoh bagi desa yang belum melaksanakan hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here