IWO Riau Siap Mendukung Pimred EraRiau.com Terkait Ancaman Ke Jalur Hukum

0
171

Pekanbaru, SuaraTrust.com – Terkait ancaman kepada pimpinan redaksi EraRiau.com yang dilakukan via WhatsApp oleh oknum yg kita duga sebagai keluarga Bupati Bengkalis , IWO Riau sangat menyayangkan hal ini terjadi.

H.Ir.Rifa Yendi Ketua DPW IWO Riau melalui Ketua Humas IWO Riau Sefianus Zai SH menyatakan, bahwa seharusnya kejadian ancam mengancam seperti ini tidak dilakukan oleh pihak pihak yg dikritik oleh media pers.

” Media Pers punya fungsi kontrol sosial sesuai UU no.40 tahun 1999 tentang Pers. Dan undang undang ini wajib dibaca dan di pahami oleh siapapun. Terlebih pejabat, Menurut kita tindakan pengancaman terhadap jurnalis telah menginjak-injak kemerdekaan dan kebebasan pers, dan dapat dikenakan ketentuan pidana Pasal 18 Ayat 1 UU No 40 tahun 2009 Tentang Pers, dengan ancaman pidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp500 juta” Tegas Sefianus Zai SH, Ceo ZonaRiau.com.

Sefianus Zai SH, mengingatkan bahwa semestinya kritikan pedas dari media pers dapat menjadi momentum bagi pejabat yang dimaksud untuk memberi klarifikasi atas apa sesungguhnya yang terjadi.

” Pemimpin yg bijaksana adalah pemimpin yang sejati, Pemimpin yg dapat merubah keadaan yg buruk menjadi keadaan yang baik….Sehingga marwah pemimpin tersebut semakin baik” Ungkap Ketua Humas ini lagi.

Lanjutnya ” Kami menghimbau kepada seluruh anggota IWO Riau agar tidak takut pada ancaman, jangan sampai kebebasan kita selaku PERS dikangkangi dan disandera oleh premanisme. Kami DPW IWO Riau siap mendukung Pimred EraRiau.com untuk memberitakan kebenaran serta membantu mendampinginya melapor ke jalur hukum” Pungkas Ketua Humas IWO Riau.

Sefianus Zai SH juga meminta kepada seluruh kegiatan anggota IWO, baik IWO di Provinsi maupun Kabupaten dan Kota jangan pernah gentar dalam menjalankan tugasnya  sebagai jurnalis yg diamanatkan oleh undang-undang, sepanjang masih di dalam koridor UU Pers Tahun 1999.

(Tim Redaksi/Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here