Join Besar Karena Cinta ,Hamdan Zoelva Buka Rakernas Pertama Join Dibangka Belitung

0
98

Bangka Belitung,SuaraTrust.com – Rapat kerja nasional (Rakernas) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) yang pertama resmi dibuka oleh Dewan Pembina JOIN, Hamdan Zoelva. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grend Vella, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung tersebut akan menentukan arah organisasi untuk membentuk karakter anggota yang berkualitas. Jumat (27/4).

Dikutip dalam kata sambutan,Hamdan Zoelva mengapresisasi seluruh pendiri dan anggota JOIN saat ini. Sebab dalam waktu singkat, organisasi yang baru terbentuk satu tahun ini bisa berkembang pesat di berbagi Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh indonesia.

“JOIN ini luar biasa. Dalam tempo satu tahun sejak dideklarasikan di Jakarta, ternyata sudah terbentuk di 26 Provinsi dan ada 750 anggotanya yang terdaftar. Ini sangat bagus,” ujara Zoelva dalam sambutan.

Dalam perjuangan yang cukup berat ini, ia menuturkan, perlu dilakukan penguatan infrastruktur organisasi serta perangkat-perangkat normanya. Ketentuan dan aturan yang akan dibuat, harus melalui pemikiran dan pembahasan yang mendalam.

“Bagaimana melayani anggota, memfasilitasi anggota agar anggota memiliki kapasitas yang sangat baik dan prima dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. Ini yang diutamakan saat-saat ini oleh pengurus JOIN. Tentunya di samping memegang teguh etika, kejujuran, integritas, harus terbangun di anggota,” jelasnya.

Hamdan berharap, seluruh pengurus dan anggota harus memiliki integritas yang tinggi. Bekerja dengan profesional dan tidak meminta apapun imbalan. Hal ini akan menjadi modal bagi JOIN diakui di kancah dunia jurnalistik Indonesia.

“Karena itu organisasi harus memberikan perlindungan kepada anggota yang bermasalah. Kalau belum diakui dewan pers, jalan saja sendiri tetap lindungi anggota,” harapnya.

Ditambahkan Hamdan, sepanjang jurnalis menyampaikan informasi dengan jujur benar, cek ricek, maka tidak usah ragu, jalan terus. Itulah seorang yang bekerja secara profesional.

“Karena itu saya ingin membagi untuk menyemangati saudara-saudara sekalian.Jalan terus berjuang membesarkan JOIN. Memberikan alternatif kepada para jurnalis online yang belum tertampung di organisasi jurnalis pendahulu,” tandasnya.

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan media online begitu sangat pesat. Media mainstream pun sudah punya media online, baik televisi, radio, koran-koran besar.

“Untuk anak zaman now, tidak lagi baca koran. Tetapi cukup buka gadget. Di sini peran JOIN sangat penting dan dibutuhkan dalam mengabarkan kebenaran. Hendaklah JOIN ikut dalam memenuhi hak konstitusonal masyarakat guna mendapatkan informasi yang benar. Mengabarkan dengan benar, Anda sudah ikut mencerdaskan bangsa,” ujarnya.

Namun, pesan terakhirnya, jika jurnalis tidak memberikan informasi yang benar, sudah pasti akan berhadapan dengan masalah-masalah hukum.

Terpisah Ketua Umum JOIN Budhi Chandra mengatakan, Karena media kontesional sudah mulai ditinggalkan oleh pembaca, maka keberadaan media online saat ini menjadi corong utama dalam pemberiataan.

Kita akan hapuskan prasangka terhadap media online yang dianggap sebagia penyebar hoax, Karena itu terjadi lantaran oknum yang tidak senang dengan pemberitaan saja, tegasnya

Kami bertekad JOIN sebagai organisasi yang menaungi media online di seluruh indonesia, Untuk selalu memberi motifasi kepada wartawan di lapangan. tutupnya

Turut hadir dalam kegiatan itu, jajaran Pemprov Bangka Belitung, Pemkab Bangka Tengah, serta unsur TNI, Polri, Sekjen JOIN Julhan Sifadi, serta seluruh Ketua dan pengurus DPW JOIN Provinsi se-Indonesia.

Dalam rakain kegiatan Rakernas join pertama dibangkabelitung banyak hal yang dikaji dan dibahas salah satu usulan yang dilontarkan dari berbagai perwakilan DPW Join salah satunya adalah terkait dengan Ujian Kopetensi Wartawan (UKW).(ckn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here