Jurnalis Jawa Timur Turut Mendukung Langkah Pimred EraRiau.com

0
209

Pekanbaru, SuaraTrust.com – Terkait ancaman yang ditujukan kepada Pimpinan Redaksi EraRiau.com yang dilakukan oleh Oknum yang patut diduga masih merupakan keluarga Bupati Bengkalis via WhatsApp, IWO Riau, Mayandri Suzarman, SH Ketua Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum Riau (LABH-R) yang merupakan Kuasa Hukum Media Online EraRiau.com dan SuaraTrust.com beserta Insan Pers Jawa Timur sangat menyayangkan hal ini terjadi.

Insan Pers Jawa Timur yang diwakili oleh Pimpinan Redaksi Gerbangnews.com Moch Syamsul Arifin mengatakan, Sangat menyayangkan tindakan yang patut diduga masih Keluarga Bupati Bengkalis. Jurnalis sudah diatur oleh Undang – Undang dan Kode Etik Jurnalistik, Tutur Moch Syamsul Arifin.
” Undang – Undang ITE Pasal 27 Ayat (4) dengan sangat jelas mengatakan, Setiap orang dengan sengaja dan tanpa Hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diakses informasi elektronik dan/atau Dokumen elektronik yang memiliki muatan Pemerasan dan/atau Pengancaman. Pasal 45 Ayat (1) Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 Ayat (4) di pidana dengan pidana penjara paling lama 6 Tahun dan/atau Denda paling banyak Rp 1.000.000.000 satu milyar rupiah ,” Jelas Pimpinan Redaksi Gerbangnews.com.

H. Ir. Rifa Yendi Ketua DPW IWO Riau melalui Ketua Humas IWO Riau Sefianus Zai SH mengatakan, Bahwa seharusnya kejadian ancam – mengancam seperti ini tidak dilakukan oleh pihak – pihak yang dikritik oleh Jurnalis, Tutur Ketua Humas IWO.
” Jurnalis mempunyai fungsi kontrol sosial sesuai Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Undang Undang ini wajib dibaca dan dipahami oleh siapapun. Terlebih lagi seorang Pejabat, Menurut kita tindakan pengancaman terhadap Jurnalis telah menginjak – injak Kemerdekaan dan Kebebasan Pers dan dapat dikenakan ketentuan pidana Pasal 18 Ayat (1) UU No 40 tahun 2009 Tentang Pers, dengan ancaman pidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta ,” Tegas Sefianus Zai SH, Ceo ZonaRiau.com.

Menurut Kuasa Hukum Media Online EraRiau.com dan SuaraTrust.com Mayandri Suzarman SH mengatakan, Selaku Kuasa Hukum Media EraRiau.com kami akan mendampingi membuat Laporan terhadap dugaan pengancaman oleh Oknum tersebut. Sebab kita memiliki bukti berupa tulisan dari WhatshApp Pribadi Oknum Pengancam dan bukti inilah yang akan kita laporkan ke pihak Kepolisian, Tutur Mayandri Suzarman, SH.
” Laporan ini kita lakukan karena ancaman tersebut merupakan perbuatan yang dapat membunuh Kebebasan Pers, Berarti menghambat demokrasi. Pernyataan ancam – mengancam itu sudah tidak zamannya lagi dan itu langkah pengecut yang biasanya hanya dilakukan oleh para Pemain ,” Ungkap Kuasa Hukum EraRiau.com dan SuaraTrust.com dengan nada kesal karena Kliennya di ancam.

( Arifin/Tim )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here