Kapolda Ungkap Lamanya Pencarian Ius Pane, Buron Perampok Pulomas

0
1066

JAKARTA, SuaraTrust.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan mengungkapkan alasan lamanya waktu pencarian Ridwan Sitorus alias Ius Pane yang menjadi buron perampokan dan pembunuhan di Pulomas, dibanding tersangka lainnya. Polisi menangkap Ius di Medan, Sumatera Utara, Minggu (1/1/2017) ini.

“Karena (pelaku pembunuhan) berpencar. Kemudian dia beberapa kali pindah tempat, sehingga akhirnya kami ketahui yang bersangkutan berjalan ke Medan dari Jakarta,” kata Iriawan, dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdana Kusumah, Minggu siang.

Iriawan mengaku dirinya memasang target kepada anak-anak buahnya untuk mencari perampok dan pembunuh di Pulomas.

Adapun perampokan di kediaman Dodi Triono di Pulomas yang diwarnai penyekapan dan menewaskan enam orang, itu terjadi pada Senin (26/12/2016). Polisi baru mengetahui hal tersebut pada Selasa (27/12/2016).

“Kami punya target memang tim saya seminggu maksimal harus keurus (pelaku tertangkap) semua. Alhamdulillah 19 jam, pelaku tertangkap semua dan Ius Pane tertangkap 6 hari,” kata Iriawan.

Sehingga, lanjut dia, target itu dapat terpenuhi. Sebelumnya pelaku yang terlebih dahulu ditangkap adalah Ramlan Butarbutar dan Erwin Situmorang. Ramlan tewas tertembak, sedangkan Erwin mengalami luka tembak.

Sementara itu, Alfins Bernius Sinaga sudah ditangkap di Villamas Indah, Bekasi Utara, Jawa Barat. Polisi menangkap Ius saat akan bersembunyi di Medan, Sumatera Utara, di salah satu pul bus Antar Lintas Sumatera (ALS). Ius ditangkap oleh tim gabungan dari Polrestro Jakarta Timur, Polresta Depok, dan Ditkrimum Polda Metro Jaya.

“Jadi target waktu masih terpenuhi. Ini (penangkapan Ius Pane sebagai) hadiah tahun baru,” kata Iriawan.

Adapun korban yang meninggal dalam peristiwa itu adalah Dodi Triono (59) selaku pemilik rumah, dua anak Dodi bernama Diona Arika (16) dan Dianita Gemma (9), Amel yang merupakan teman dari anak Dodi, serta Yanto dan Tasrok yang merupakan sopir keluarga.

Sedangkan korban selamat bernama Zanette Kalila (13), yang merupakan anak Dodi. Korban lain yang selamat adalah Emi, Santi (22), Fitriani, dan Windy.

(Kmp/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here