Kepala Desa Titi Akar Adakan Acara HUT Keramat Datuk Kebenah

0
912

Rupat-Bengkalis, SuaraTrust.com – Desa Titi Akar dihalaman rumah balai adat suku akit hatas jln.batin pantjang rt.01/03 dusun makdewa,dalam rangka memeriahkn HUT keramat datok kebenah yg perdana tgl 01 februari 2017.

Masyarakat suku akit hatas mengadakan pertandingan permainan rakyat seperti pertandingan sumpit dn gasing serta stek serta pertandingan volly ball.

Wakil batin suku akit hatas desa titi akar mengatakan “Kami sangat bersyukur karena atas berkat kebijaksanaan kepala desa ¬†titi akar sukarto sehingga rumah datuk keramat bisa dibangun dan diresmikan oleh bapak kepala desa titi akar, serta pengkukuhan hut keramat datok kebenah setiap tgl 01 februari setiap tahun nya” Ujarnya.

Lanjutnya “banfunan ini juga dikukuhkn oleh camat rupat utara agus sofyan pada tgl 11 februari 2017 dilapangan volly ball tikar sakti (titi akar satu kekuatan inti) di jln batin pantjang rt.01/03 dusun makdewa” Ucapnya.

kepala desa titi akar didampingi ketua panitia volly ball serta wakil batin suku akit hatas dan pengurus panitia pertandingan sumpit dan gasing serta stek atau ketapel kepala desa titi akar menyerahkan piala dan dana pembinaan kepala club volly ball yg meraih juara yg pada tahun  2017.

Juara satu dari club volly ball desa titi akar dan juara dua dan tiga serta empat di raih desa hutan panjang degan jumlah peserta pertandingan sebanyak 20 club sekec. rupat dn rupat utara.

kepala desa titi akar sukarto” Kami dari pihak desa sangat mendukung kegiatan ini, krna ini sejalan dengan visi dan misi saya selaku kepala desa titi akar. Tujuannya untuk menciptakn desa titi akar menjadi desa pariwisata budaya” Kata Sukarto.

“Semoga apa yang kami rencanakn tercapai dan terwujud sekarang didesa titi akar dalam satu tahun dibulan yang sama sudah ada 2 iven resmi di desa ini, yang pertama hut vihara cinbukiong yang tahun ini sudah berusia 134 thn. yang kedua hut keramat datok kebenah yang perdana dimana dalam memeriahkn hut keramat datok kebenah yg perdana di buat beberapa kegiatan pertandingan permainan kebudayaan suku akit hatas seperti sumpit dan gasing serta stek” Ucap Kades.

Tahun depan pada hut keramat datok kebenah yang kedua akan diadakan kebudayaan joget dan sunat serta tindik massal sekecamatan rupat dn rupat utara khusus warga suku akit hatas sepulau rupat, dan kami dari pihak desa tahun 2018 akan mengganggarkan dana desa utk acara dimaksud krna ini juga akanmenjadi iven atau ikon handalan masyrkat desa titi akar” Kata sukarto lagi.

Namun untuk mewujudkan itu perlu dibgun infrastruktur desa kami seperti jln base dan pembangun jembatan penghubung desa titi akar ke desa darul aman rupat batu panjang dan sudah kami ajukan melalui musrenbang desa dan musrenbang kecamatan yang masuk dalam usulan proritas antara lain kelanjutan jalan base penghubung desa hutan ayu ke desa titi akar menuju ibu kota kec.rupat utara tanjung medang.

Kedua usulan jembatan sungai selat morong penghubung kedesa darul aman yang bodi jalan sudah tersedia 20 meter melalui dusun hutan samak desa titi akar ketiga PLN atau jaringan listrik dusun hutan samak krna disamping warga bisa merasa kemudahan bisa juga membantu penerangan rumah keramat datok kebenah, jln kemenyan putih.

Disebabkan disana akan dibangun khusus pelestariaan adat kebudayaan berdekeh suku akit hatas serta obat2an tradisional peninggalan nenek moyang suku akit hatas.

Komentar pengunjung pada acara hut keramat datok kebenah yang enggan mau namanya disebut, beliau sangat bangga dengan desa titi akar sampai sekarang masih tetap mempertahan dan melestarikan adat dan budaya
mereka salut.

“Saya melihatnya dan semuanya bekerja sama saling membantu baik pemerintah desa dan ketua BPD serta seluruh masyarakat ikut mendukung dan bekerja sama, jarang di temui warga yang didesa seperti itu apa lagi kepala desanya sangat bermasyarakat dan cukup dekat dengan warganya tanpa ada pilih kasih smoga desa titi akar maju dan sukses terus dan tahun depan lebih ok lagi” Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here