Keris Tumbuk Lada Bergagang Emas Berusia 390 Tahun Hadiah Raja Sinambela Dari Negeri Batak Untuk Datuk Laksamana Raja Dilaut IV Ali Akbar, Ada DiBengkalis

0
919

Bengkalis, SuaraTrust.com – Peninggalan sejarah Datuk Laksamana raja dilaut IV Ali Akbar jarang sekali dipublikasikan pemerintah kabupaten bengkalis sehingga barang sejarah Datuk Laksamana raja dilaut IV Ali Akbar yang berada dibengkalis banyak tidak diketahui masyarakat umum.

Cerita sejarah dari datuk panglima Tuagik sampai Datuk Laksamana raja dilaut  IV Ali Akbar cukup panjang namun jarang sekali diangkat kembali tentang sejarah kota bengkalis.

Berbeda dengan cerita sejarah yang dipulau jawa, pemerintahnya selalu mempublikasikan tentang peninggalan peninggalan sejarah kerajaan yang ada dipulau jawa.

Barang pusaka datuk Laksamana Raja dilaut IV Ali Akbar dipegang oleh ahli warisnya/ cicitnya datuk Jhoni dan dirawat dengan baik sampai saat ini.

Dari keterangan ahli waris Datuk Laksamana raja dilaut IV Ali Akbar, Datuk Jhoni ” keris dan pedang kebesaran Ali Akbar yang berusia lima abad masih ada sampai saat ini pada saya yang dahulunya dipakai dari Panglima Tuagik sampai keturunanya Datuk Laksamana 1 sampai Datuk Laksamana IV ,” ujar Jhoni

Dikatakanya lagi ” ada dua pedang dan ada dua keris serta dua meriam yang ada dirumah bukit batu sampai saat ini masih ada.

Lanjutnya ” mengenai keris tumbuk lada yang berganggang emas dari raja Sinambela dari negeri Batak adalah pemberian tanda persahabatan raja Sinambela kepada Datuk Laksamana raja Dilaut IV Ali Akbar diwaktu acara pergelaran Sultan Deli dikota medan.” tutup Datuk Jhoni Bin Jamal Idris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here