Lampu Senilai Rp 100 Juta Dicuri untuk Bayar Utang, Nih Pelakunya

0
547
DIAMANKAN: Pelaku pencurian komponen lampu tenaga surya diamankan beserta barang bukti.

Nunukan, SuaraTrust.com – Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polres Nunukan membekuk pencuri komponen lampu tenaga surya atau solar cell, milik Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Nunukan yang berada di Dermaga Semaja, Kecamatan Sei Menggaris.

Kasubbag Humas Polres Nunukan, Iptu M. Karyadi menjelaskan, perangkat lampu tersebut hilang sejak November lalu. Dua orang merupakan pelaku pencurian yakni AN (32) dan IF (23). Satu orang berinisial AM (32) juga diduga penadah barang bukti tersebut.

“Kejadian pada 15 November lalu perangkat lampu yang berada di Dermaga Semaja. Kedua pelaku diamakan dari hasil pengembangan, satu orang ikut diamankan dan diduga sebagai penadah,” ujar Karyadi dikutip dari Radar Nunukan (Jawa Pos Group), Minggu (11/12).

Dijelaskan, dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku beraksi dengan cara memanjat tiang lampu dan membongkar komponennya, lalu tiang dibuang ke sungai. Setelah berhasil, perangkat yang terdiri dari lampu dan aki solar cell dijual.

“Sebanyak empat tiang solar cell milik Dishubkominfo Nunukan yang berhasil dibongkar. Dan sudah dicocokkan dengan Dishubkominfo Nunukan selaku korban,” jelasnya.

Lebih lanjut Karyadi mengungkapkan, AN melakukan aksinya dikarenakan untuk membayar utang. Sedangkan, IF berperan membantu aksi AN dengan imbalan diberikan satu unit solar cell dan satu aki yang kemudian dijual dengan harga Rp 2 juta yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. (Jp/St )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here