LAMR Kota Dumai Ziarah Makam Pawang Lion

0
624

Dumai, SuaraTrust – LAMR kota DumaI berziarah ke makam pawang lion yang berada di pelintung kecamatan medang kampai, (16/02/2018).

Ziarah dihadiri Ketua MKA Datuk Seri H Atan Ujang dan Ketua DPH Datuk Seri Syarudin Husin serta datuk ayup dan Datuk H Johar ikut mendampingi untuk berziarah.

Dumai dikenal memiliki banyak objek wisata yang bernilai sejarah, salah satunya yang cukup terkenal adalah makam Datuk Pawang Leon.

Seperti diketahui, Datuk Pawang Leon merupakan seorang peneroka yang mampu membuka perkampungan baru di daerah Dumai pada masa Kerajaan Datuk Laksamana Raja Di Laut.

Dikisahkan, Datuk Pawang Leon berasal dari Pagaruyung, Sumatera Barat. Sebelumnya ia merasa sedih saat saudaranya diangkat sebagai raja di Pagaruyung dan dirinya sesuai dengan garis keturunan dan adat istiadat setempat, tidak mendapat harta pusaka. Terbitlah keinginan untuk merantau, mencari kehidupan baru yang lebih layak.

” kami dari pengurus LAMR hanya berziarah serta membersihkan kawasan pemakaman, kita tahu bahwa Datuk Seri H Atan adalah cucu nya dari pawang lion ” ungkap Datuk Seri Syarudin Husin

Menurut keterangan Datuk Seri Syarudin Husin kita juga kedepan akan berziarah di pemakaman yang ada sejarah dikota Dumai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here