Liga Spanyol: Neymar Kartu Merah, Barcelona Takluk di Kandang Malaga

0
278

Bagi Barcelona, hasil ini menjadi noda pertama setelah 10 kunjungan terakhir ke La Rosaleda tak pernah menderita kekalahan di Liga Spanyol. Terakhir kali El Barca menderita kekalahan di markas Malaga adalah pada 2003 dengan skor 1-5.

Tak cuma itu, hasil ini jelas menjadi kerugian besar bagi anak asuh Luis Enrique dalma upaya menyalip Real Madrid dari puncak klasemen. Padahal, beberapa jam sebelumnya Real Madrid hanya bermain imbang 1-1 saat menjamu Atletico Madrid.

Namun, semangat dan optmisme tinggi mengejar Real Madrid itu justru menjadi bumerang. Meski tampil dengan kekuatan terbaik, Barcelona justru dibuat kerepotan meladeni serangan balik cepat Malaga.

Tim asuhan Michel itu memang bermain cukup cerdas dalam mengantisipasi dominasi Barcelona dalam hal penguasaan bola. Benar saja, meski Barcelona unggul jauh dalam hal ball possessions, Malaga mampu bermain disiplin.

Serangan bergelombang Lionel Messi dan kawan-kawan justru memberi celah Malaga untuk melancarkan serangan cepat. Terbukti, pada menit ke-32, Sandro Ramirez, yang notabene pemain muda didikan akademi Barcelona, sanggup membawa Malaga unggul melalui skema serangan balik.

Barcelona tersengat dengan gol itu dan coba meningkatkan daya gedor. Namun, upaya mereka kerap gagal hingga skor 1-0 untuk keunggulan Malaga bertahan sampai jeda pertandingan.

Pada paruh kedua, Barcelona masih menguasai jalannya pertandingan, baik ball possession maupun penciptaan peluang. Sampai menit ke-50, tim tamu mencatat 66 persen penguasaan bola berbanding 34 persen milik tuan rumah.

Namun, buruknya penyelesaian akhir dan ketidakberuntungan membuat Barcelona kesulitan menjebol gawang Malaga yang dikawal Carlos Kameni. Alih-alih mencetak gol, Barcelona justru kehilangan satu pemain andalan setelah Neymar dikartu merah akibat melakuka pelanggaran keras kepada Diego Llorente pada menit ke-67.

Meski bermain dengan 10 pemain, Barcelona masih mendominasi permainan. Meski begitu, penyakit pada babak pertama masih saja belum lepas. Lini pertahanan Barcelona rapuh dalam mengantisipasi serangan balik Malaga.

Hasilnya, gol kedua mampu dicetak Malaga kembali melalui skema serangan balik cepat. Kali ini pemain pengganti, Jony, yang menjebol gawang Marc-Andre Ter Stegen pada masa injury time usai menerima sodoran bola Pablo Fornals. Barcelona terpaksa takluk 0-2 dari Malaga.

Akibat kekalahan ini, Barcelona tertahan di peringkat kedua dengan koleksi 69 poin dari 31 pertandingan. Mereka terpaut tiga angka dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen setelah menjalani 30 pertandingan. Sementara, Malaga kini bertengger di posisi ke-14 dengan 33 poin, terpaut 11 angka dari Sporting Gijon yang berada di peringkat teratas zona degradasi, alias posisi ke-18.

Foot ball 5 Star

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here