Melanggar Aturan,, Kementrian Pertanian Cq Dirjen Perkebunan Harus Cabut Izin PT WSSI

0
2652

Siak (SuaraTrust.com) – Ngo forester Indonesia minta kepada Kementrian Pertanian Cq Dirjen Perkebunan Republik Indonesia untuk mencabut izin PT wana subur sawit indah (WSSI) karena sudah banyak melanggar ketentuan peraturan dari kementriaan pertanian Cq Dirjen Perkebunan, Minggu (09/08/2020).

PT wana subur sawit indah (WWSI) bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit yang berada di desa Buatan Kabupaten Siak Provinsi Riau , namun belum memiliki hak Guna Usaha ( HGu ) sebagaimana sesuai surat edaran teguran dari Dinas Pertanian Siak nomor 521/Distan-bun/2020/706 .

Menurut data yang didapati media SuaraTrust.com bahwa PT. Wana Subur Sawit Indah (Wssi) belum pernah memberikan penilaian usaha perkebunan atau (PUP) sejak Tahun 2010 hingga saat sampai tahun 2020 belum dilakukan penilaian.

Sementara surat teguran baru keluar di tahun 2018 tahun 2019 dan tahun 2020 , yang paling ironisnya tahun sebelumnya tidak ada surat teguran, Sesuai peraturan Menteri Pertanian Nomor 07 tahun 2009 tentang pedoman penilaian usaha perkebunan pasal 4 ayat 4 dilaksanakan paling kurang 1 tahun dan tahap operasional 3 tahun.

Hasil pertemuan Kamis 06/08 dari pihak NGo forester Indonesia Rizki Sumanda dengan pihak biro hukum kementriaan pertanian Cq Perkebunan Hadi sudah memaparkan dokumen pelanggaran pelanggaran yang dilakukan pihak PT wana subur sawit indah (WSSI).

” dari hasil laporan kami ke pihak kementerian telah melihat dokumen pelanggaran yang dilakukan oleh PT wssi, namun dokumen tersebut akan diserahkan kepada Dirjen perkebunan, menurut dari pihak kementrian apabila pelanggaran ini benar maka izin PT WSSI akan dicabut ” ungkapnya Rizki Sumanda

Lanjutnya, kita menunggu tindakan dari kementerian Pertanian Cq Dirjen Perkebunan yang baru dalam waktu satu Minggu ini agar benar benar menjalankan peraturan peraturan yang berlaku sehingga mencabut izin PT WSSI, jelasnya

Riski Sumanda juga menegaskan, apabila pihak kementerian tidak juga memberi tindakan pencabutan izin PT WSSI ini maka dari pihak kita akan membawa permasalahan ini ke Ombudsman.

” Dari keterangan yang kami dapat dari Hadi biro hukum kementriaan Cq Perkebunan akan memanggil Dinas Pertanian dan perkebunan Provinsi Riau dan Kabupaten Siak dalam waktu dekat ” tutupnya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here