Menanamkan Karakter Siswa Baru, MTsN 1 Kota Dumai Melaksanakan kegiatan MATSAMA

0
1810

Dumai (Suaratrust.com) – Setiap tahun ajaran baru semua siswa Madrasah biasanya selalu diawali dengan kegiatan MATSAMA ( Masa Ta’ruf Siswa Madrasah) atau dikenal dengan Istilah MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk sekolah umum, Sabtu (25/07/2020).

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Kota Dumai setelah mendapat izin dari Kementerian Agama Kota Dumai dan Pihak Kepolisian Sektor Dumai Barat juga melaksanakan kegiatan Matsama pada tahun ajaran baru 2020/2021.

Kegiatan ini sesuai dengan arahan bapak KakanKemenag Kota Dumai dan Pihak Kepolisian boleh dilaksanakan dengan catatan harus mengikuti Protokol Civid-19, yakni melakukan pengecekan suhu tubuh siswa menggunakan Thermogun ketika masuk lingkungan sekolah, menyediakan tempat cuci tangan, panitia dan siswa memakai masker serta tidak boleh bergerombolan, berkumpul dan senantiasa mengatur jarak minimal 1 meter.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai dan pelaksanaannya selama 6 hari dibagi menjadi 3 sesi ( angkatan ) mulai tanggal 20 – 25 juli 2020 dengan jumlah siswa 100 setiap sesi (angkatan).

KakanKemenag Kota Dumai dalam pengarahannya mengucapkan selamat kepada siswa baru yang diterima di MTsN 1 Kota Dumai, dan menghimbau supaya dalam pelaksanaan kegiatan senantiasa mengikuti protocol covid 19, disamping itu siswa baru kelas VII agar dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan dapat mengenal lingkungan madrasah lebih mendalam, memiliki karakter sebagai siswa madrasah, memahami tata tertib sekolah dan berbagai kegiatan di MTsN 1 Kota Dumai.

Kepala MTsN 1 Kota Dumai, Januarizal, M.Pd.I ketika dikonfirmasi awak media menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin dan wajib diikuti oleh siswa baru di MTsN 1 Kota Dumai. Kegiatan ini semula dijadwalkan selama 3 hari terpaksa harus dibuat menjadi 6 hari karena siswa ramai dan harus dibuat terpisah mengikuti protokol kesehatan covid 19.

” Adapun tujuan kegiatan MATSAMA ini adalah supaya siswa baru dapat mengenal lebih dekat dengan Madrasahnya tempat dia menggali ilmu nantinya. Materi kegiatan ini adalah tentang Kemadrasahan atau profil madrasah, Motivasi bagi siswa baru untuk lebih giat belajar dan taat aturan, karakter Moderasi Beragama dan Kebangsaan, Performan siswa madrasah, serta tambahan materi Khusus tentang bakat dan minat serta PBB ” ungkapnya

Januarizal, M.Pd.I juga berharapd, dilaksakan kegiatan MATSAMA ini siswa dapat mengenal madrasahnya, teman temannya, guru gurunya, dan proses pembelajaran dan memiliki disiplin dalam hidup serta memiliki Katakter yang baik tambah Januarizal, tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here