Panglima TNI Bocorkan Tempat ISIS di Asia Tenggara

0
265

Jakarta, SuaraTrust.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menerangkan, kelompok teroris Negara Islam Iraq dan Suriah (ISIS) sudah mulai membangun basis kekuatannya di Asia Tenggara. Dia membeberkan, wilayah yang dijadikan basis ISIS berada di Filipina Selatan.

Hal ini diungkapkan Gatot ketika memberikan sambutannya dalam acara Seminar Nasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tentang Antisipasi Perkembangan Ancaman Terorisme.

“Filipina Selatan sebagai basis ISIS di Asia Tenggara,” kata Gatot di Hotel Borobudur, (6/12).

Menurut dia, Pemerintah Filipina melalui Presiden Duterte, juga sudah mengakui bahwa wilayah selatan negaranya menjadi basis ISIS. Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan wilayah Filipina Selatan dijadikan basis ISIS. Satu di antaranya adalah masyarakat di wilayah tersebut mendukung berkembangnya gerakan radikal.

“Di Filipina Selatan bendera apapun bebas di sana, masyarakatnya juga sudah siap. Kita tahu beberapa waktu lalu ada peristiwa penyanderaan di sana. Dengan sandera-sandera di sana dan biaya tebusan membuat mereka berkembang,” ucap Gatot.

Tujuan ISIS membangun basis di Filipina Selatan, Gatot membeberkan, tak lain bertujuan untuk mengincar Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah.

“Mereka ingin ke Indonesia. Di sini mereka sudah memetakan, ada Poso, Tarakan, dan NTB yang sudah dikenal ada beberapa jaringan radikal,” tukas dia. (JP/ST )

BAGIKAN
Berita sebelumyaGemmpa
Berita berikutnyaPolisi Gadungan Terkena OTT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here