Rp1,176 Triliun Anggaran APBD Dumai Tunggu Verifikasi Gubernur Riau

0
372

Dumai, SuaraTrust.com-Persoalan penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017 yang telah disepakati kini tinggal menunggu diversifikasi oleh Gubernur Riau.

Hal itu disebutkan Fridarson selaku Sekretaris DPRD Kota Dumai

“Saat ini berkas sudah diantar ke pemerintah provinsi untuk dilakukan verifikasi oleh gubernur,” ujar Fridarson, Kamis.

Dijelaskan, segala bentuk proses mekanisme verifikasi telah dibahas secara bersamaan antara tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD yang berlangsung diperkirakan selama dua pekan lamanya.

Sementara itu didalam struktur APBD tahun 2017 ini,telah disepakati untuk pendapatan daerah itu sebesar Rp1,176 triliun. Terdapat didalamnya Rp1,150 triliun untuk keperluan belanja daerah.

Dari angka Rp.1,50 tersebut sebesar Rp.500 miliar akan digunakan atau berkisar 43,35 persen untuk biaya belanja tidak lansung daerah serta sebesar Rp.649 miliar lagi atau 56,47 persen dari total belanja daerah akan digunakan utuk biaya belanja lansung daerah.

Dimana Belanja tidak langsung meliputi, belanja pegawai, subsidi, hibah, bantuan sosial, bantuan keuangan kepada provinsi, kabupaten kota dan pemerintahan desa serta belanja tidak terduga.

Sementara itu Anggota Banggar DPRD Dumai Johannes MP Tetelepta menjelaskan, alokasi utuk APBD tahun 2017 mengalami defisit hingga Rp200 miliar karena itu tentu saja belum masuk dana perimbangan dan penerimaan lain dari pemerintah pusat ke daerah.

“Defisit anggaran diakibatkan belum masuknya dana alokasi khusus dan penerimaan lain,” kata politisi Gerindra ini kepada wartawan.(red/TNC/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here