Safari Ramadhan ke Dumai, Gubri Paparkan Proyek Strategi Nasional dan Riau

0
211

Dumai, SuaraTrust.com –¬†Walikota Dumai H. Zulkifli As bersama rombongan tim safari Ramadhan Provinsi Riau yang dipimpin Gubernur Riau (Gubri) H. Arsyadjuliandi Rachman melaksanakan safari Ramadhan di Masjid Nurul Fallah, Kelurahan Ratu Sina, Kecamatan Dumai Selatan, Sabtu (10/6/2017).

Pada sambutannya Walikota Dumai mengapresiasi Gubernur Riau yang mempperhatikan Dumai dalam bidang pembangunan mulai dari pembangunan fisik hingga pembangunan karakter masyarakat Dumai baik dibidang pendidikan, kesehatan dan Agama.

“Kedatangan rombongan safari Ramadhan Pemerintahan Provinsi Riau disambut dengan suasana yang sejuk sesejuk pemerintahan Provinsi Riau dibawah kepemimpinan Gubernur Arsyadjuliandi Rachman dan kita harapkan akan terus berlanjut,” ujar Zulkifli As.

“Perhatian Gubernur terhadap perkembangan Kota Dumai sangat tinggi dan dapat dilihat dengan gelontoran dana hingga mencapai 200 miliar dana provinsi dikucurkan untuk sejumlah pembangunan di Kota Dumai ini,” tambah Zul As.

Zul As juga sempat menyampaikan harapannya kelanjutan pembangunan jalan Provinsi di jalan Laksamana dan jalan di Kelurahan Bukit Timah yang masing masing sepanjang 1 KM serta permasalahan air bersih.

Walikota Dumai juga mengapresiasi kepada Kapolres Dumai yang berhasil mencegah penggunaaan petasan. ” Hingga malam ke -10 kami melakukan safari Ramadhan ini tidak ada lagi terdengar suara petasan sementara ditahun sebelumnya kita sering mendengarkan suara petasan yang sangat mengganggu kita saat beribadah, ini kita apresaiasi pada polres Dumai yang cepat dalam bertindak terhadap penggunaan petasan,” kata Zul As.

Sementara itu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya memaparkan sejumlah proyek pembangunan strategis Provinsi Riau dan Nasional. Pada penjelasan orang nomor satu di Provinsi Riau Kormta Dumai masuk dalam sejumlah agendra strategis baik Pembangunan strategis Provinsi Riau maupun Nasional.

“Saat ini di Riau ada 4 proyek Strategis Pemerintah pusat yakni pembangunan jalan tol Dumai-Pekanbaru, Pembangunan jalur kereta api Riau-Sumatra Utara, Pembangunan siter 500 KPH dan pembangunan Saint Teknologi park yang sebahagiannya sudah dalam tahap pengerjaan,” ujar Arsyadjuliandi Rachman.

Diterangkan Gubernur Riau ini ” Untuk proyek Jalan tol kita masih melakukan pembebasan lahan dan sudah 50 persen terlaksana dan insyakallah tahun ini proses pembebasan lahan sudah mencapai 100 persen. Untuk proyek kereta api memang sempat terhenti karena harus ada pembicaraan dengan Satradar terkait objek vital mereka dan sudah selesai dan saat ini masuk dalam tahapan sosialisasi tahapan ke 2 kepada masyarakat,”.

” Untuk proyek pembangunan siter dengan kekuatan 500 KPH dalam progres yang baik dan kalau terwujud maka maka kekuatan listrik Riau semangkuk baik dan 260 desa yang belum teraliri listrik di akhir tahun 2019 akan teraliri listrik. Sementara proyek Saint Teknologi park yang rencananya akan dibangun di Kota Pekanbaru nantinya dilakukan untuk meriset pangan Riau yang dibangun dengan anggaran APBN,” ujar Andi biasa disapa.

” Kami sempat melakukan rapat dengan pihak kementrian terkait proyek strategis nasional tersebut dan akan ada tambahan 2 proyek Strategis lainnya yang akan dibangun di Riau yakni pembangunan waduk di Rokan Hulu untuk kepentingan perairan sawah warga dan pembangkit listrik juga serta pengembangan pembangunan kilang bekerjasama dengan Saudi aramko,” tambah Gubernur.

Dikatakannya untuk mendukung pembangunan proyek Strategis Nasional, Kita juga melaksanakan proyek strategis Riau yakni pengembangan kawasan palm oil sawit di Pelindung Dumai, pengembangan pelabuhan Buton di Kabupaten Siak serta pelabuhan Kuala Enok Kabupaten Inhil untuk mengejar produktifitas daya saing Riau tengah dan mengurangi kepadatan lalulintas melalui Dumai.

“Kita terus proyek pembangunan Dumai untuk cepat terlaksanak dan jika ini terealisasi bisah kita bayangkan kalau Dumai-Pekanbaru bagaikan menyatu. Dumai juga akan ramai dikunjungi ditunjang dengan keberadaan pulau Rupat sebagi objek wisata. Orang yang ingin ke Rupat pasti ke Dumai,” urai Andi.

Di kegiatan safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Riau juga menyerahkan bantuan kepada 4 Masjid di Kota Dumai, pembagian Al Qur’an dan kain sarung serta menyerahkan zakat pribadinya sebesar Rp15 juta kepada panitia zakat masjid Nurul Falah yang langsung disampaikan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. (hms)

Infotorial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here