Sanksi Teguran DLHK Dianggap Angin Lalu

0
407

Dumai, SuaraTrust.com – Tumpahan stearin PT Naga Mas beberapa minggu kemaren tampaknya belum juga bersih dari area pantai kota Dumai. Meskipun surat teguran dari dinas lingkungan hidup kota Dumai sudah diberikan kepada PT Naga Mas.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Dumai angkat bicara terkait sanksi yang diberikan ke PT Nagamas. Plt Kepala DLHK Kota Dumai Satria Wibowo menyebutkan pihaknya telah memberikan sanksi teguran kepada pihak perusahaan sejak, Senin (31/7) lalu.

“Sanksi teguran tersebut diminta kepada pihak perusahaan agar secepatnya membersihkan sisa stearin yang ada di pinggir laut, “ujar Satria Wibowo, kepada Riau Pos, Jumat (11/8) kemarin.
Ia menilai pihak perusahaan lambat dalam membersihkan sisa stearin yang telah bercampur dengan lumpur di pinggir laut. “Ini yang menjadi masalah, sampai saat ini masih banyak sisa stearin yang belum dibersihkan,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan langkah tindak lanjut untuk penanganan selanjutnya. “Padahal dalam surat itu, harus secepat-cepatnya, namun hingga sekarang belum tuntas dibersihkan,” tambahnya.

Terkait dengan hasil labor yang diambil saat ini pihaknya masih menunggu hasil yang dikirim ke Laboratorium di Medan. “Laboratorium harus terakreditasi sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan,”tuturnya.

Sementara itu, General Manager PT Nagamas Palm Oil, David hanya membenarkan sanksi yang telah diberikan kepada pihaknya. “Benar,” jawabnya melalui pesan aplikasi WhatsApp.

Ketika ditanyakan lebih lanjut terkait lambatnya penanganan pembersihan sisa stearin yang berada di pinggir laut, David menyebutkan pihaknya masih melakukan upaya pembersihan.”Pekerjaan pembersihan tetap kita laksanakan dan kita tanggung jawabi dan dalam waktu dekat ini pihak DLH dan Media akan kita undang untuk menyaksikan progress yang telah kita kerjakan,”tutupnya .

Terpisah, APLD melalui korlap I Agus Tera, kami menilai sanksi teguran yang dilayangkan dinas lingkungan hidup kota dumai kepada PT Naga Mas hanya dianggap angin lalu saja.

” buktinya sampai saat ini sisa tumpahan stearin Pt Naga Mas yang ada ditepi pantai kota Dumai sampai saat ini belum juga bersih ” pungkas nya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here