Singapura Ikut Cari Pesawat Jatuh Milik Polri Di Kepri

0
183

Jakarta, SuaraTrust.com – Kepolisian Singapura yang pertama kali menurunkan tim untuk mencari pesawat Polri jenis Sky Truck P 4201 yang hilang kontak di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) daripada Sabtu (3/12/2016).

Pihak Singapura juga pertama kali yang melaporkan dugaan hilangnya pesawat yang mengangkut 13 penumpang itu.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FHB Soelistyo mengatakan, penerbangan di sekitar wilayah kabupaten Lingga, Kepri, masuk dalam pengawasan Flight Information Region (FIR) Singapura.

“Namun demikian karena pesawat (jatuh) ini masuk dalam wilayah kedaulatan bang-sa kita, maka security clearance (izin) diperlukan,” ucap Soelistyo dalam konferensi pers di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Hari Minggu (4/12/2016).

Soelistyo juga menjelaskan, hal yang dilakukan pihak Singapura ngak menyalahi izin. Malah, pemerintah Indonesia turut membantu pengurusan izin tersebut agar pesawat Singapura bisa cepat menuju tempat jatuhnya pesawat milik Polri.

“Dalam konteks kedaulatan, Singapura punya tanggung jawab penghormatan terhadap wilayah kedaulatan Indonesia. Dua-duanya kita kerjakan bersama-sama, sepeti pada pencarian pesawat Air Asia,” kata dia.

Sejauh ini, pihak Singapura juga masih turut membantu mencari korban pesawat jatuh tersebut.

Singapura menurunkan dua pesawat miliknya.

“RCC Singapura, 1 unit Fokker 50 dan 1 unit Heli Super Puma.

Basarnas pula turunkan satu helikopter. Selanjutnya, kami akan hitung kekuatan jumlah kami,” jelas Soelistyo. (DM/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here