Situs Putri Tujuh Terpendam, Warga Dumai Minta Pertamina Serahkan Akses Putri Tujuh

0
681

Dumai, SuaraTrust.com – Situs sejarah putri tujuh yang ada dikota dumai banyak tidak diketahui masyarakat, dikarenakan tidak dapatnya masyarakat untuk melihat langsung situs sejarah yang berada dikawasan kilang Pertamina kota Dumai.

Putri Tujuh adalah cerita Rakyat yang berasal dari Kota Dumai, berikut ceritanya: Dulu, Dumai hanyalah sebuah dusun nelayan yang sepi, berada di pesisir Timur Propinsi Riau, Indonesia. Kini, Dumai yang kaya dengan minyak bumi itu, menjelma menjadi kota pelabuhan minyak yang sangat ramai sejak tahun 1999.

Kapal-kapal tangki minyak raksasa setiap hari singgah dan merapat di pelabuhan ini, Kilang-kilang minyak yang tumbuh menjamur di sekitar pelabuhan menjadikan Kota Dumai pada malam hari gemerlapan bak permata berkilauan.

Kekayaan Kota Dumai yang lain adalah keanekaragaman tradisi, ada dua tradisi yang sejak lama berkembang dikalangan masyarakat kota Dumai yaitu tradisi tulisan dan lisan.

Salah satu tradisi lisan yang sangat populer di daerah ini adalah cerita-cerita rakyat yang dituturkan secara turun temurun.

Sampai saat ini, Kota Dumai masih menyimpan sejumlah cerita rakyat yang digemari dan memiliki fungsi moral yang amat penting bagi kehidupan masyarakat, misalnya sebagai alat pendidikan, pengajaran moral, hiburan, dan sebagainya.

Salah satu cerita rakyat yang masih berkembang di Dumai adalah Legenda Putri Tujuh, Cerita legenda ini mengisahkan tentang asal-mula nama Kota Dumai.

Sungguh sedih anak dumai sendiri tidak bisa langsung melihat situs sejarah putri tujuh, karena aksesnya ditutup oleh pertamina dumai.

Saat ini kita hanya mendengar saja lagenda putri tujuh, tetapi situs putri tujuh tidak dapat di ziarahi masyarakat kota Dumai.

Dalam hal ini masyarakat kota dumai salah satu tokoh pemuda kota dumai Yulius Medi angkat bicara ” kami dari masyarakat meminta kepada pihak pertamina untuk menyerahkan aset situs putri tujuh kepada masyarakat kota dumai, agar selalu bisa di ziarahi masyarakat kota dumai,” ungkapnya

Dikatakanya lagi ” kenapa demikian, karena kami selaku masyarakat tidak dapat langsung berziarah kesitus putri tujuh yang salah satu lagenda cerita kota dumai karena ditutup oleh pihak pertamina dumai,” kata yulius Medi

Lanjutnya ” sudah saatnya kami masyarakat kota dumai dapat langsung melihat situs sejarah putri tujuh untuk anak turun temurun kami yang akan datang, kalau tidak pasti lagenda situs sejarah putri tujuh ini akan hilang ceritanya.” Pungkas yulius Medi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here