UNICEF : 1 Anak Yaman Meninggal Tiap 10 Menit

0
214
PHOTO / MOHAMMED HUWAIS

Sanaa, SuaraTrust.com – Badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) urusan anak-anak,UNICEF melaporkan rata-rata satu anak di Yaman meninggal dalam 10 menit. Kondisi itu disebabkan kelaparan dan malnutrisi berat yang diderita sekitar 462.000 anak di Yaman akibat konflik senjata yang berkepanjangan.

Dalam satu laporan yang diterbitkan pada Selasa (13/12), UNICEF menyatakan anak-anak di Yaman juga meninggal akibat diare dan infeksi saluran-saluran pernapasan. Bahkan kini hampir 2,2 juta anak memerlukan perawatan yang mendesak.

PHOTO / MOHAMMED HUWAIS
PHOTO / MOHAMMED HUWAIS

Laporan data terbaru ini menunjukkan bahwa kelaparan yang dialami anak-anak Yaman telah mencapai rekor tertinggi sepanjang masa. Jumlah sekitar 462.000 anak yang menderita malnutrisi akut mengalami perubahan drastis yang memperlihatkan kenaikan sekitar 200% sejak tahun 2014.

“Anak-anak menanggung beban perang Yaman yang berkelanjutan. Keadaan kesehatan anak di negara termiskin di Timur Tengah tidak pernah ibarat bencana seperti saat ini. Malnutrisi di Yaman sangat tinggi dan terus meningkat,” ujar Meritxell Relano, Direktur Pelaksana UNICEF di Yaman.

Malnutrisi akut merupakan penyebab utama kematian untuk anak-anak di bawah usia lima tahun. Secara kasat mata, anak-anak itu terlihat sangat kurus untuk dan berwajah pucat, serta tubuh tinggal tulang kerangka.

Kawasan Saada yang paling parah digempur bom, merupakan daerah dengan rata-rata tertinggi kasus gizi buruk. Setidaknya delapan dari 10 anak di kawasan Saada mengalami gizi buruk. Anak-anak di kawasan itu memiliki tubuh lebih pendek untuk ukuran usia mereka. Malnutrisi juga memicu dampak kesehatan fisik dan mengganggu fungsi kognitif.

Menurut UNICEF, selama 20 bulan konflik senjata, kasus serupa juga ditemukan di Provinsi Hodeida, Taiz, Hajjah, dan Lahej. UNICEF telah mengupayakan perawatan medis untuk 215.000 anak yang menderita malnutrisi akut. Badan PBB itu juga menyediakan tambahan vitamin untuk sekitar empat juta anak di bawah usia lima tahun.(BS/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here