Warga dan RT.08 Teluk Dalam Kel.Batu Teritip Dumai Butuh PUSTU

0
231

Dumai, SuaraTrust.com – Jauhnya daerah Kampung Teluk Dalam RT.08 Kel.Batu Teritip Kec.Sei-Sembilan dari perkotaan untuk menuju ke Puskesmas di Kec.Sei-Sembilan, membuat RT.08 Mario bingung ketika ada warganya mengalami sakit yang membutuhkan perobatan medis.

Sebab untuk menuju ke puskesmas, daerah Teluk Dalam baik kawasan darat maupun kawasan pesisir tak memiliki akses jalan darat, sehingga harus melalui jalur laut.

Keluhan ini di sampaikan Mario di kediaman rumah Minggu malam 16/04/2017 saat awak media menumpang menginap di rumahnya di kawasan pesisir untuk meliput kondisi daerah ini secara khusus, bahwa daerah tugasnya menjadi RT.08 sangatlah luas, ada kawasan daratan dan kawasan pesisir. Yang menjadi kesulitannya tak adanya akses darat dari kawasan pesisir menuju ke kawasan darat.

” Saya sangat kebingungan ketika ada anggota keluarga saya dan warga yang mengalami sakit yang hendak berobat medis, sebab tak adanya Puskesmas Pembantu (PUSTU) di daerah RT.08 Teluk Dalam, terutama kawasan pesisir. Untuk warga saya kawasan darat mereka bisa berobat ke Pustu di RT.09 Mekar Sari/Sei-Sepit” Ungkap Mario sembari mengeluh.

” Jika warga dan anggota keluarga saya sakit di kawasan pesisir ini, hendak ke Pustu Sei-Sepit sangatlah jauh, jika ke kawasan darat saya harus melintasi sungai ini lebih kurang 1,5 jam baru tiba ke kawasan darat dengan melawan arus sungai, nah dari kawasan darat menuju ke pustu di RT.09 memakan waktu setengah jam jika jalannya tak di guyur hujan, jika diguyur hujan bisa-bisa yang sakit menjadi tambah parah sakitnya akibat kondisi jalannya lengket dan licin sehingga tak dapat dilalui menggunakan kendaraan sepeda motor” Ungkap Mario RT.08 lagi.

Menurut Mario jika ada anggota keluarganya dan warganya yang berada di kawasan pesisir mendadak sakit malam hari tambah membuatnya bingung lagi, sebab jika hendak lewat laut ia tak memiliki speed boat untuk membawa yang sakit ke Pustu RT.09, kemudian dari kuala Sei-Sepit RT.09 menuju Pustu sangat jauh, jika tak di guyur hujan bisa menggunakan kendaraan warga setempat membawa yang ke Pustu, namun jika di guyur hujan maka jalan tak dapat di lalui menggunakan kendaraan sepeda motor.

Jika ia melintasi sungai menuju daratan daerah tugasnya, sungai tersebut tak dapat di tempuh karena gelap gulita, kemudian sungai Teluk Dalam tersebut berliku-liku dan banyak kelok-kelok patahnya, sehingga bisa-bisa perahunya bisa karam akibat menabrak-nabrak tunggul.

” Saya berharap kepada Pemko Dumai dapat mendengar Keluhan kami ini, sehingga kami berharap Pemko Dumai dapat merealisasikan dan mendirikan PUSTU di daerah Teluk Dalam kawasan pesisir serta menempatkan bidan di Pustu tersebut, sehingga jika ada yang sakit tak kebingungan lagi” Keluh Mario.

Lanjutnya” Saya katakan sekali lagi, kami mohon kepada Pemko Dumai, tolonglah dengarkan keluhan kami ini, karena kami sangat membutuhkan Pustu tersebut, sehingga kami tak kesulitan lagi untuk berobat, dan kami juga merupakan warga Kota Dumai” Tutup RT.08 Mario.

 

Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here