​Empat Perda Disahkan, Wako Apresiasi Kinerja DPRD

0
2636

Dumai, SuaraTrust.com – Walikota Dumai, Zulkifli As sangat mengapresiasi kinerja DPRD Kota Dumai yang telah mensahkan empat perda yang diajukan pemerintah Kota Dumai. Hal itu disampaikan Zulkifli As saat menghadapi Rapat Paripurna dalam rangka penetapan program pembentukan peraturan daerah Kota Dumai tahun 2017, pengambilan Keputusan Terhadap 4 Perda Kota Dumai, serta penyampaian Kinerja Pansus BUMD Kota Dumai, Kamis (29/10) kemarin di Kantor DPRD Kota Dumai.

Adapun Ranperda yang disetujui menjadi perda tersebut yakni Perlindungan dan Pengeloalaan Lingkungan Hidup, perda Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai, perda pencabutan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 18 Tahun 2011 tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil; dan pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Dumai sekali lagi memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Dumai yang telah memfokuskan diri untuk menyelesaikan segera Ranperda ini,”terang orang nomor satu di Kota Dumai Ini.

Dikatakannya, dengan disetujuinya Ranperda tentang Perlindungan dan Pengeloalaan Lingkungan Hidup menjadi Perda, Dumai telah memiliki payung hukum untuk mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dalam pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. “Perlindundan pengelolaan lingkungan hidup perlu dilaksanakan guna mengembangkan kemampuan lingkungan hidup yang serasi, selaras dan seimbang dan untuk menjamin kepastian hukum, terpeliharanya berkelanjutan fungsi lingkungan hidup dan memberikan perlindungan kepada setiap orang untuk mendapatkan lingkungan hidup yang lebih baik dan sehat,”terangnya.

Hal-hal tersebut menuntut tanggungjawab, keterbukaan dan peran Pemerintah Daerah dan anggota masyarakat untuk menjaga kualitas lingkungan hidup dan ekosistemnya.

“Sementara terkait dengan disetujuinya Ranperda tentang Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai, kita harapkan ranperda ini mampu untuk menggali, membina, melestarikan, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai adat dan nilai-nilai sosial budaya sebagai landasan memperkuat dan memperkokoh jati diri masyarakat Melayu melindungi dan membela hak-hak tradisional dan konstitusional masyakat adat dan nilai sosial budaya untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan lahiriah dan batiniah masyarakat Melayu Riau di Kota Dumai dan mewujudkan masyarakat adat dan nilai-nilai sosial budaya yang maju, adil dan sejahtera dalam tatanan masyarakat madani,”sebutnya.

Selanjutnya, terhadap penyetujuan Ranperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 18 Tahun 2011 tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil dimana Ranperda ini disusun dimana Rancangan Peraturan Daerah ini disusun sebagai amanat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 188.34-4911tentang Pembatalan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 18 Tahun 2011 tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil. “Menteri Dalam Negeri telah memerintahkan Walikota Dumai bersama DPRD Kota Dumai segera mencabut Peraturan Daerah yang dibatalkan tersebut karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan kepentingan umum,”tambahnya

Terakhir terhadap perstujuan Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, bahwa Ranperda ini disusun sebagai instrumen untuk mencegah tumbuh dan berkembangnya kekumuhan pada perumahan dan permukiman yang layak huni serta untuk meningkatkan kualitas perumahan dan permukiman yang diindikasi kumuh agar menjadi layak huni. “Ranperda ini digunakan sebagai acuan bagi Pemerintah Kota Dumai dalam penanganan permukiman kumuh, sehingga penanganan permukiman kumuh di daerah dapat terwujud dengan baik,”jelasnya.

Pada prinsipnya Ranperda ini memiliki muatan pengaturan spesifikasi yang terdiri dari aspek pencegahan, peningkatan kualitas melalui pendekatan pola-pola penanganan, kualitas infrastruktur perumahan dan kasawan permukiman serta pengelolaan pasca penanganan. “Untuk Itu kami atas nama Pemerintah Kota Dumai sekali lagi menyampaikan penghargaan yang setingi-tingginya dan terima kasih yang dalam atas terjalinnya kerja sama yang baik selama ini, semoga kita semua bisa umemberikan pelayanan yang terbaik bagi kelanjutan pembangunan bangsa dan negara khususnya masyarakat di Wilayah Kota Dumai sebagai wujud karya bakti kita guna mewujudkan kesejahteraan yang didambakan oleh masyarakat,”tutupnya

 

(TNC/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here