Aktifitas Ilegal Logging Bukit Jin Dumai, Polisi Amankan Sejumlah Kayu

0
2093

Hal itu diketahui setelah menyusuri sejumlah awak media area Karlahut, Sabtu (14/1) kemarin. Tidak hanya kayu-kayu bekas ilegal logging yang ada, di dalam kawasan hutan lindung tersebut juga terhadap rumah-rumah liar yang didirikan, namun unik saat itu tidak satu pun penghuni rumah liar ada dirumah.

Kayu-kayu bekas aktivitas ilegal logging tampak sudah tersusun rapi di beberapa lahan yang tidak terbakar. Belum diketahui siapa yang melakukan aktivitas ilegal logging tersebut.

Namun akibat aktivitas ilegal logging tersebut hutan yang ada di disana menjadi gundul. Tidak ada lagi kayu besar. Tampaknya aktivitas ilegal logging tersebut memang sudah lama terjadi di kawasan hutan lindung tersebut.

Itu juga dibenarkan oleh Dandim Dumai, Letkol Rendra Adrian Siagian kepada media melalui pesan WhatsApp, dikatakan masalah illegal loging dirinya juga baru mengetahui ada ada aktivitas tersebut, mungkin masalah itu bisa konfirmasi ke polres.”Kami cuma merobohkan pondok-pondok yang ada saja,”terangnya.

Berdasarkan penilaiannya tampaknya memang sudah lama ada giat illegal loging disitu.”Jadi yang kami robohkan buka kayu-kayu dari dalam, namun kayu dari pondok-pondok liar,”terangnya.

Kapolres Dumai, AKBP Donald Happy Ginting juga membenarkan jika ada aktivitas ilegal logging di area Karhutla di Bukit Jin Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan tersebut, namun untuk informasi lanjutan ia meminta agar mengkonfirmasi kepada Kasatreskrim Polres Dumai AKP Juper Lumban. “Tanya Kasatreskrim ya,”jawabnya singkat kepada media.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Dumai AKP Juper Lumban dikonfirmasi awak media, terkait dengan aktivitas ilegal logging yang berada di lokasi karlahut mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan. “Masih kita selidiki siapa pelakunya, karena sampai saat kayu illegal loging diamankan, sudah tidak ada orang dilokasi,”sebutnya.

Kayu-kayu Ilegal logging tersebut sudah diamankan di Polres Dumai, namun berapa banyak kayu yang diamankan belum diketahui jumlahnya secara detail.

(TNC/ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here