Parlemen

Optimalisasi Publikasi Tiap OPD, Diskominfotiksan Dumai Gelar Rapat Pembentukan Fokus

Selasa, 12 Juli 2022 | 17:44:42 WIB

DUMAI - Dalam rangka meningkatkan pengelolaan konten media sosial (medsos) dan situs web secara profesional di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai menggelar Rapat Pembentukan Forum Komunikasi dan Publikasi (Fokus).

Rapat yang ditaja oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotiksan Dumai ini dihadiri oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai, H. Syarinaldi, S.Sos, M.Si di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Selasa (12/7/2022).

Acara ini dihadiri oleh perwakilan tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemko Dumai, yang mana mereka bertanggung jawab sebagai pengelola konten dari situs web dan media sosial di OPD-nya masing-masing.

Kepala Bidang IKP, Muhammad Saddam, S.STP, M.IP mengungkapkan bahwa forum ini merupakan suatu wadah literasi bagi para utusan OPD yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis berita, editing dan mengonsepkan konten untuk dipublikasikan ke masyarakat.

"Saat ini, dapat kita lihat publikasi yang dilakukan tiap OPD masih belum optimal. 80%, situs web dan medsos yang dikelola tiap-tiap OPD di kota Dumai tidak aktif, terlihat dari tidak diperbaharuinya informasi yang disajikan," ungkap Saddam.

Ia berharap dengan dilaksanakannya Rapat Pembentukan Fokus ini, seluruh penanggung jawab admin situs web dan medsos OPD di lingkup Pemko Dumai memiliki komitmen untuk lebih aktif dan profesional dalam mengelola dan menyajikan informasi terbaru setiap harinya. 

"Saya optimis dengan komitmen bersama ini akan meningkatkan citra Kota Dumai untuk bisa lebih baik khususnya dibidang penyampaian dan keterbukaan informasi publik," tukasnya.

Disisi lain, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Dumai H. Syahrinaldi mengapresiasi Rapat Pembentukan Fokus yang ditaja Diskominfotiksan Dumai.

Menurutnya, Fokus ini sangat penting untuk segera dibentuk. Selain untuk meningkatkan kapabilitas admin situs web dan sosmed, juga sebagai pemenuhan kebutuhan informasi komunikasi bagi masyarakat.

"Bersama kita dukung program ini, manfaatkan wadah ini dengan optimal guna mempererat jalinan hubungan antara Pemerintah dan masyarakat serta membangun citra positif daerah," pungkasnya.

Tampak hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Hj. Dameria, SKM, Kepala Dinas Sosial drg. Hermiyati, Camat Dumai Kota Indra Safawi, S.Sos, M.Si, Camat Bukit Kapur Agus Gunawan, S.Sos, Camat Sungai Sembilan Hergustiman, S.Sos, M.Si dan tamu undangan lainnya.

Terkini