Istano Basa Pagaruyung Batu Sangkar

0
2485

Batu Sangkar, SuaraTrust.com – Istana Pagaruyung salah satu objek wisata yang selalu dikunjungi wisatawan dari dalam negeri dan Manca Negara.

Dari sejarah pembangunan Istana Pagaruyung dahulunya Minangkabau merupakan sebuah Kerajaan dengan wilayah yang luas bahkan meliputi wilayah Malaysia.

 

Rombongan ibu ibu PKK Kel Sukajadi Dumai
Rombongan ibu ibu PKK Kel Sukajadi Dumai

Dimasa kerajaan minangkabau Istana Basa Pagaruyung memainkan peran ganda sebagai tempat rumah tinggal kerajaan dan sebagai pusat Pemerintahan, kerajaan Minangkabau yang dipimpin seorang Raja yang dikenal” Rajo Alam” atau Raja diRaja Kerajaan Minangkabau, komplek Istano Basa Pagaruyung yang mulai dibangun pada tanggal 27 Desember 1976 ini adalah duplikat (tempat tinggal) keluarga kerajaan Minangkabau yang sekaligus menjadi pusat Kerajaan pada masanya.

Menurut keterangan pengelola Istano Basa Pagaruyung Wilma dari Dinas Pariwisata Batu Sangkar kepada SuaraTrust.com pengunjung yang datang dari luar Negara adalah Malaysia dan dalam negeri dari Riau, Medan, Jakarta, hampir 500 orang pengunjung yang datang setiap hari ke Istano Basa Pagaruyung.” Ujar Wilma

Sumber : SuaraTrust

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here