Masyarakat Pertanyakan Dana CSR PT KLK Dumai

0
3023

Dumai (SuaraTrust.com) – Pemerintah mengancam akan memberikan sanksi kepada perusahaan yang tak menjalankan program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan baik. Pasalnya, banyak masyarakat disekitar kawasan industri justru hidup miskin bahkan belum pernah merasakan CSR.

“Jika pihak perusahaan tidak menjalankannya (CSR) dengan baik maka akan dikenakan sanksi-sanksi, Tanggung jawab sosial perusahaan telah diatur dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 2007 juga Peraturan Pemerintah 47 tahun 2012.

Sementara itu dana CSR diatur dalam pasal 74 UUPT serta pasal 15 huruf b 25/2007 bahwa setiap perusaan harus menjalankan program corporate social responsibility (CSR) dengan baik sesuai peraturan perundang undangan yang sudah diatur oleh pemerintah.

Hasil Investigasi awak media langsung terjung kelapangan, Salah satunya kelurahan buluh kasab terutama Ring I (satu) sudah selayaknya menerima
bantuan dana CSR. PT. KLK Dumai.

Ternyata Sulastri warga jalan hayam wuruk RT, 12 Gang Bungan 2 kelurahan Buluh Kasab dirinya sehari hari menjual jajanan ringan ( Darling) belum pernah merasahkan batuan dana CSR dari PT. kuala Lumpur Kepong ( KLK).

“Padahal Sulastri sudah 26 tahun tinggal di buluh kasab di RT. 12 Gang Bungan. Kalau di lihat dari pandangan mata rumahnya bisa disebut Ring 1 yang danpak langsung menerima bau tidak sedap serta suara besing dan debu,’ujar Sulastri.

” Hal Senada juga disampaikan oleh ketua RT. 12 yang kami tahu hanya PT. Wilmar yang selalu membantu setiap tahunya.

Awak media terus menggali lagi untuk mencari informasi dari masyarakat yang tergolong masuk Ring I di kelurahan buluh kasab, antara lain Ibu As yang berumur 51 tahun tinggal di RT 15 sama sekali tidak merasakan bantuan dari dana CSR PT. KLK, Bahkan dia lahir dibuluh kasab,”ungkapnya.

Salah satu terbilang tokoh masyarakat buluh kasab Haji Indra mengatakan,” Setahu saya yang selalu membantu masyarakat buluh kasab ya PT. wilmar, Bahkan rumah Haji Indra kalau dilihat dari depan rumah berjarak 700 sampai 800 meter dari PT. KLK. Ya kalau memang ada bantuan dari pihak mereka berbentuk apa,”imbuhnya.

” Hasil komfirmasi awak media melalui pesan singkat ( WA) kepada Yogi apa apa saja yang sudah diberikan terkait dana CSR PT. KLK kepada masyarakat buluh kasab khususnya Ring 1 tidak ada jawaban. Bahkan kami mencoba menghubungi tapi tidak diangkat.

” Namun beberapa jam kemudian awak media mendapatkan jawaban dari Pak Yogi melalui pesan singkat ( WA) ” Mohon maaf saya sedang tdk di tempat Pak.. Jadi tdk bisa bertemu langsung..
Barangkali Bapak bisa mencoba konfirmasi langsung ke Pak Surya Luruh Buluh Kasap atau ketua Pemberdayaan Pemuda Buluh Kasap (Pak Ajun).. Kita sejauh ini selalu berkoordinasi dengan beliau utk pendistribusian CSR KLK Dumai khususnya ring 1.. Demikian saya informasikan..” Terimakasih Pak..

Awak media terus menayakan apa apa saja atau berbentuk apa saja yang diberikan oleh PT. KLK, untuk masyarakat buluh kasab khusunya Ring 1.

Yogi menambahkan,’ salah satunya adalah bantuan air bersih yang rutin kami berikan setiap minggu.dikelurahan buluh kasab, sedangkan sebagai koordinatornya adalah Ketua PPBKB pak Ajun,” tegas Yogi.

Tambah Yogi, Insalloh saya info segera kalau saya sudah di kantor.” ucapnya.

” Hasil investigasi awak media dilapangan yang kita rangkum serta tanya jawab langsung kepada masyarakat buluh kasab khususnya Ring 1 terkait dana CSR PT. kuala Lumpur Kepong ( KLK) kita Vidiokan untuk barang bukti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here