Darmen, S.Sos Pimpin Karang Taruna Dumai Periode 2022-2027.

Darmen, S.Sos Pimpin Karang Taruna Dumai Periode 2022-2027.

DUMAI (STC ) - Karang Taruna Kota Dumai mengadakan acara Temu Karya Karang Taruna Kota Dumai Tahun 2022 bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung Jalan Putri Tujuh Kota Dumai. 

Tema yang diangkat dalam acara Temu Karya Karang Taruna Kota Dumai Tahun 2022 yakni, "Dengan Semangat Kesetiakawanan Sosial Kita Lanjutkan Pembangunan Pemuda dan Masyarakat Kota yang Agamais Berbudaya Melayu, Sejahtera, Mandiri dan Berkarya".

Soni Hendrik sebagai Ketua Panitia Temu Karya Karang Taruna Tahun 2022 mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras, berkorban buat waktu dan tenaganya, sehingga acara Temu Karya hari ini bisa kita laksanakan. 

"Kita berkumpul bersama-bersama, disatukan dalam rangka organisasi dalam satu bingkai yang dinamakan Karang Taruna dalam bentuk Temu Karya dalam pemilihan pemimpin yang layak untuk memimpin Karang Taruna Kota Dumai yang baru," ucap Soni. Sabtu (8/1/2022) 

Karang Taruna adalah suatu wadah untuk berkarya nya pemuda-pemudi, untuk itu kita semua berharap bisa terpilihnya Ketua Karang Taruna yang baru untuk membawa Karang Taruna Kota Dumai bisa lebih maju dan sukses lagi. 

Ketua Karateker Karang Taruna Kota Dumai Tahun 2022, Yulius Medi mengatakan, Karang Taruna yang lalu dianggap tidak aktif dan produktif, sementara Karang Taruna dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional tidak memiliki hak seutuhnya, tetapi hanya bertugas berkoordinasi, advokasi dan informasi. 

"Sekarang SK Karang Taruna dikeluarkan oleh satu tingkat diatasnya, berarti SK yang dikeluarkan oleh pejabat pemerintah sesuai dengan setingkat nya, dianggap ilegal," ucap Yulius Mesi. 

Selanjutnya Yulius Medi berharap, siapapun yang menjadi Ketua terpilih nantinya, hendaknya pemimpin yang bukan untuk dilayani, tetapi harus melayani apa yang ada di sekitarnya. 

"Harus ada kepekaan terhadap sosial itu, tidaklah kita bangga ketika kita berada di organisasi sosial, tetapi kita tidak ada melakukan tugas-tugas sosial," tegas Yulius Medi. 

Mengakhiri kata sambutannya, Yulius Medi berpesan kepada seluruh kader Karang Taruna yang hadir, "Mengabdi lah tanpa pamrih, ketika pengabdian kita itu ada, maka kita akan mendapat kehormatan," tutup Yulius Medi. 

Sementara itu, kata sambutan Walikota Dumai yang dibacakan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yusrizal, S.Sos., M.Si  mengatakan, Karang Taruna sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Sosial No 25 Tahun 2019 merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk generasi muda. 

"Karang Taruna memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial, seperti kemiskinan, keterlantaran, Narkoba dan lain-lain yang harus dilakukan secara berkelanjutan," kata Yusrizal. 

Yusrizal mengajak para kader Karang Taruna Kota Dumai untuk bersama membangun sinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan pembangunan di segala sektor kehidupan, menuju Dumai Kota Idaman. 

"Karang Taruna memiliki peran dalam pembagunan masyarakat, terutama pada peningkatan potensi dan peran aktifnya sebagai generasi muda dalam pembangunan," tutup Yusrizal. 

Sebelum membuka secara resmi Temu Karya Karang Taruna Kota Dumai Tahun 2022, Sekretaris Karang Taruna Provinsi Riau    

Rayan Pribadi, S.H mengatakan, Karang Taruna harus diurus dengan benar dan dirangkul oleh pemerintah, karena Karang Taruna tidak bisa dipisahkan dari pemerintah. 

"Ketika Karang Taruna disahkan dan dilantik oleh pemerintah, maka melekat lah tanggung jawab negara kepada Karang Taruna," pungkas Rayan. 

Hasil dari Temu Karya Karang Taruna Kota Dumai Tahun 2022, terpilih secara aklamasi Darmen, S. Sos sebagai Ketua Karang Taruna Kota Dumai periode 2022-2027.

Tampak hadir dan mengikuti acara Temu Karya Karang Taruna Kota Dumai Tahun 2022 yakni, pengurus Karang Taruna Provinsi Riau, Pengurus Karang Taruna Kabupaten, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Dumai, Ketua DPD KNPI Kota Dumai dan Ketua MPI KNPI.