Proyek Pembangunan Jalan PU Lama yang Berada di Kecamatan Sungai Sembilan Mark-Up

Proyek Pembangunan Jalan PU Lama yang Berada di Kecamatan Sungai Sembilan Mark-Up
Dugaan isu adanya mark-up dana CSR tersebut terlihat jelas tidak tertulis anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan Jalan PU Lama itu, di papan plang tidak memiliki anggaran pekerjaan proyek.

DUMAI (STC) - Peran aktif media dalam mengawal dana CSR kembali terlihat. Kali ini yang disorot adalah proyek pembangunan Jalan PU Lama yang berada di Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Dugaan isu adanya mark-up dana CSR ini terlihat jelas tidak tertulis anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan Jalan PU Lama itu, di papan plang tidak memiliki anggaran pekerjaan proyek.

Oleh karena itu, ada beberapa awak media mencoba memantau langsung pekerjaan proyek tersebut. Dari pantauan awak media di lapangan, terlihat papan plang yang terpasang di pinggir jalan ini tidak ada menyebutkan berapa anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan jalan tersebut. 

“Dugaan kasus mark-up dana pembangunan Jalan PU Lama ini bisa kita laporkan ke Kejaksaan Negeri Dumai. Karena pembangunan jalan ini murni dana CSR yang dipergunankan untuk kebutuhan masyarakat, seperti pembangunan jalan dan lainnya,” kata salah seorang awak media yang turun ke lokasi pembangunan jalan tersebut, Minggu (16/1/22).

Perlu juga diketahui, pembangunan Jalan PU Lama ini banyak permasalahan, salah satu terkait kerja sama dengan masyarakat setempat yang tidak berjalan semestinya.

Sehingga pada hari Rabu (12/1/2022) kemarin masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan sempat menutup akses Jalan PU Lama. Hal ini dilakukan masyarakat karena mereka merasa kecewa atas ingkar janji yang dilakukan PT Sari Dumai Oleo (SDO) Apical Group dengan tokoh masyarakat setempat.

Namun kini jalan tersebut sudah dibuka kembali. kontraktor dari PT Rifansi Dwiputra sudah bisa melanjutkan pekerjaan. Dibukanya kembali akses jalan tersebut diduga disebabkan adanya intervensi dari pejabat.

Seperti berita sebelumnya, pembangunan Jalan PU Lama ini dilakukan atas dana CSR dari perusahaan PT SDO Apical Gruop, PT Agro Murni dan PT Ivomas.
Pada saat pertemuan dengan Camat Sungai Sembilan dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta Ketua RT sempat, Humas PT SDO Apical Gruop, Kamero Bangun mengatakan, perusahaannya siap menyiapkan dana sebesar Rp1,2 milyar untuk pembangunan Jalan PU Lama ini.

Namun disesi lain, masyarakat setempat mengatakan dana sebesar itu terlalu banyak untuk pembangunan jalan yang panjang sekitar 270 meter dan lebar hanya 6 meter.

“Dana itu besar menurut kami. Apa salahnya kalau dana itu sebagiannya digunakan untuk pembangunan lain seperti perehapan tempat ibadah dan lain-lain,” kata salah seorang tokoh masyarakat pada saat pertemuan tersebut.