Bawa 7 Tuntutan, BEM UI Gelar Demo di Patung Kuda Hari Ini

Bawa 7 Tuntutan, BEM UI Gelar Demo di Patung Kuda Hari Ini
BEM Universitas Indonesia menggelar demonstrasi menolak perpanjangan masa jabatan presiden (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) bakal menggelar aksi demonstrasi menolak perpanjangan masa jabatan presiden di Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/4) hari ini.
Dilansir dari akun Twitter resmi @BEMUI_Official, mereka turut mengajak masyarakat bergabung dalam aksi tersebut.

"Betul [aksi dilakukan besok]," ujar Koordinator Sosial Politik BEM UI, Melki Sedek Huang, saat dikonfirmasi melalui keterangan tertulis, Rabu (20/4).

Demonstrasi rencananya digelar mulai pukul 08.00 WIB. Didahului dengan berkumpul di Lapangan FISIP UI. Massa membawa tujuh tuntutan yang akan disampaikan dalam aksi.

Adapun ketujuh tuntutan itu di antaranya terkait polemik perpanjangan masa jabatan presiden sebagaimana disampaikan oleh empat menteri yang mereka anggap penjahat konstitusi.

BEM UI juga akan membawa tuntutan perihal isu kenaikan sejumlah bahan pokok, ketimpangan ekonomi, tata kelola pemerintahan yang semrawut, hingga kasus-kasus penyerangan terhadap masyarakat sipil.

"Bersama kita jaga konstitusi dan mengkritisi kondisi negara dengan menyuarakan tujuh tuntutan rakyat yang akan dibawa melalui aksi massa," tulis BEM UI lewat Twitter.

Pada 11 April lalu, mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI lebih dulu menggelar demonstrasi di depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Mereka berunjuk rasa menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Selain itu, mahasiswa meminta pemerintah mengkaji ulang pasal bermasalah dalam Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN), menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok, mengusut mafia minyak goreng, dan menyelesaikan konflik agraria.

(ina/bmw/Cnn)