Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 yang Digelar oleh Rutan Kelas IIB Dumai, Dimaknai Dengan Semangat Nasionalisme

Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 yang Digelar oleh Rutan Kelas IIB Dumai, Dimaknai Dengan Semangat Nasionalisme

DUMAI – Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 yang digelar oleh Lingkungan Rutan Kelas IIB Dumai, dimaknai dengan semangat Nasionalisme seluruh peserta upacara, yang diadakan di aula Rutan Dumai.

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum Nasional awal mula rasa dan semangat persatuan dan kesatuan. Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

Kepala Rutan Dumai, Pance Daniel Panjaitan mengatakan, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional bersama, sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda 2 tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja, namun mari kita wujudkan dalam kehidupan kita untuk sama-sama kita bangkit,” sebut Pance. Jumat (20/05/2022)

Mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga.”

“Selagi kita masih ada kekuatan, selama itu kita tidak akan mau menyerah,” tutup Pance.

Karutan pada upacara tersebut, bertindak sebagai Pembina Upacara, dan para peserta upacara meliputi dari unsur Pejabat Struktural, Staf, Rupam, Taruna, dan CPNS. (***)