Peserta Terbaik Pertama Sertifikasi Pilot Drone Asal Kota Dumai Ucapkan Terima Kasih Kepada APDI

Peserta Terbaik Pertama Sertifikasi Pilot Drone Asal Kota Dumai Ucapkan Terima Kasih Kepada APDI

PEKANBARU - Banyak hal yang menarik saat mengikuti uji kompetensi Sertifikasi Pilot Drone yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Pusat bersama APDI Regional Riau pada Jumat - Minggu (3-5 Juni 2022) di Stadion Kaharuddin Nasution (Rumbai) kemarin.

Salah satunya ialah Instruktur dari APDI Pusat bersama panitia lokal (APDI Regional Riau) memberikan Apresiasi kepada para peserta Sertifikasi Pilot Drone yang telah berusaha, berlatih dan belajar dengan baik sampai bisa.

Apresiasi yang diberikan adalah pemberian nilai terbaik dari masing - masing Kelas yang diujikan yakni Advance dan Basic.

Berikut Nama - Nama Peserta Nilai Terbaik Sertifikasi Pilot Drone di Riau Juni 2022 :

Kelas Basic
Terbaik Pertama : Dika Cahaya Putra asal Kota Dumai
Terbaik Kedua : Afandi Pratama asal Kabupaten Rohil
Terbaik Ketiga : Angga Ardinista asal Kota Pekanbaru

Kelas Advance
Terbaik Pertama : Ade Anang Hidayat asal Kota Jambi
Terbaik Kedua : Sunawiruddin Hadi asal Kota Pekanbaru
Terbaik Ketiga : Dimas Nanendra asal Kota Jambi

Penghargaan tersebut ditandai dengan penyematan wing terbang oleh Instruktur dari APDI Pusat Hafiz M (Senior Pilot Drone) dan Herry Tjiang (Founder Jakarta School Photography) kepada peserta terbaik. Turut mendampingi Pembina APDI Regional Riau Susanto, Ketua APDI Riau Harri Wibowo dan PIC Samuel Edyson APDI Regional Kepri. 

“Ini salah satu bentuk kita memberikan apresiasi kepada peserta yang tidak lelah untuk terus berlatih hingga bisa. Nah, untuk diketahui di Sertifikasi APDI selalu ada dua penilai yang dicocokkan. Jadi, hasil nilai terbaik ini tidak ada unsur keberpihakan,” tegas Herry didampingi Hafiz.

Ditambahkan Instruktur, peserta yang lulus sertifikasi pilot drone baru bisa mendapatkan sertifikat setelah mengikuti Ujian Praktek dan Tertulis serta kelas daring dari APDI.

Sementara, Peserta Nilai Terbaik Pertama Dika Cahaya Putra asal Kota Dumai mengucapkan terima kasih kepada APDI yang telah menyelenggarakan sertifikasi pilot drone di Riau.

Menurutnya, dengan telah dimilikinya sertifikat dari APDI tentunya peserta yang lulus bisa melanjutkan registrasi drone dan pilot drone melalui aplikasi Sistem Registrasi Drone dan Pilot Drone (SIDOPI) yang dikeluarkan langsung oleh Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

“Semua yang terlibat dalam kegiatan kemarin saya ucapkan terima kasih tak terhingga. Mulai dari Instruktur, Asisten Instruktur, Pembina, Panitia hingga Peserta. Kalian semua kece dan luar biasa,” ucapnya.

Hal senada juga diucapkan Muhadir Masrur Peserta asal Kabupaten Bengkalis. Ia sangat berterima kasih kepada APDI. Melalui pelatihan dan sertifikasi ini banyak pembelajaran yang didapat. 

“Kita bisa menjadi keluarga baru di APDI yang tidak terbatas usia. APDI membentuk rasa kebersamaan dan kerhamonisan untuk saling mengisi kekurangan dan kelebihan masing-masing dan keahlian dalam mengendalikan drone agar kita semua memiliki rasa terbang aman, bermartabat dan bertanggung jawab dapat ditanamkan pada diri kita, karena pelatihan bukan semata untuk mendapatkan sertifikat,” imbuhnya.***