Ditandai Pelepasan Balon Dan Petasan, Walikota Dumai Buka Festivan Memancing

Ditandai Pelepasan Balon Dan Petasan, Walikota Dumai Buka Festivan Memancing

DUMAI - Setelah sekian lama menanti akhirnya para penggemar mancing mania bisa menikmati suasana mancing dengan nuansa kegembiraan. Hal itu terlihat ketika Walikota Dumai H. Paisal membuka Festival Memancing di Pantai Puak Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai, Minggu (30/10).

Event yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Dumai ini dilaksanakan dalam upaya untuk melestarikan budaya memancing sekaligus untuk membangkitkan destinasi wisata di Kota Dumai.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Boby Rachmat S.STP, M.Si menyebutkan bahwa suatu saat Provinsi Riau akan menjadi kekuatan pariwisata di tingkat nasional dan ini akan berakhir menjadi suatu mimpi jika tidak ada upaya untuk mewujudkannya.

"Obsesi ini akan kita wujudkan dengan salah satu dengan adanya objek wisata baru yang mulai bermunculan, potensi kita sangat menjanjikan mulai dari wisata budaya sampai kuliner, Kota Dumai sangat strategis dan lokasinya dekat dengan malaysia dan dapat menjadi destinasi wisata, festival memancing ini sebagai bentuk untuk membangkitkan pariwisata kita, diharapkan ini dapat menjadi event rutin yang dilaksanakan dengan melibatkan para pelaku kreatif, semoga dengan adanya festival ini menjadi salah satu sektor daya tarik yang menjanjikan untuk wisatawan" harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahrahraga R. Dona Fitri Illahi, SKM, M.Si menyampaikan Kota Dumai berada dalam posisi strategis dekat malaysia dan singapura dan ada beberapa pulau kecil dan itu menjadi tempat yang bagus untuk dilaksanakan lomba memancing dan juga bisa menjadi destinasi wisata.

"Tujuannya kegiatan ini untuk meningkatkan pemulihan ekonomi dan membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah dan juga ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya memancing di kalangan masyarakat, Dinas Pariwisata Provinsi Riau juga membantu untuk mensuport kegiatan ini dan sosialisasinya sudah berjalan 2 bulan lalu, untuk lokasinya berada di tengah laut dan jumlah peserta semuanya terdiri dari 772 peserta dan dari luar kota ada 160 peserta, kami juga telah menyiapkan beberapa hadiah yang menarik untuk para pemenang," ucapnya.

Dalam kegiatan ini juga Walikota Dumai beserta Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau melakukan pelepasan balon dan juga melakukan peninjauan ke lokasi lomba memancing yang berada di tengah laut.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut yaitu, Forkopimda, Ketua DPRD, Inspektur, Staf Ahli, Asisten Kepala OPD, Ketua LAMR, Tokoh Agama dan Masyarakat.