Terkait Penetapan Kawasan Industri di Peta Pola Ruang Revisi RTRW Kab. Bireuen Studi Literature ke Kota Dumai Idaman

Terkait Penetapan Kawasan Industri di Peta Pola Ruang Revisi RTRW Kab. Bireuen Studi Literature ke Kota Dumai Idaman

DUMAI - Kota Dumai dijadikan barometer pembangunan atau pembelajaran kabupaten atau kota lain. Seperti halnya Kabupaten Bireuen, Provinsi Daerah Istimewa (DI) Aceh yang melakukan studi  literatur di Kota Dumai terkait penetapan kawasan industri dan kawasan peruntukan industri di Kabupaten Bireuen.

Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Dr. Aulia Sofyan, S.Sos, M.Si bersama rombongan tiba di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Rabu (2/11/2022) pagi, dan disambut langsung oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Dumai, Drs. Budhi Hasnul, M.Si, dan Kepala OPD terkait lainnya.

Selama pertemuan, silaturahmi antar Pemerintah Kota Dumai dan Pemerintah Kabupaten Bireuen diselimuti dengan suasana hangat penuh keakraban.

Dalam sambutannya, Wali Kota Paisal mengucapkan selamat datang di Kota Dumai Kota Idaman kepada Pj. Bupati Bireuen Aulia bersama para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan investor yang turut serta mendampinginya.

"Selamat datang di Kota Dumai Kota Idaman, semoga bapak Aulia dan rombongan nyaman saat melakukan studi banding disini dan tujuan dari kedatangan Pemkab Bireuen dapat tercapai dengan baik," ucap orang nomor satu Dumai.

Pada kesempatan ini, Paisal memberikan gambaran umum terkait profil dan potensi Kota Dumai disektor industri dan pelabuhan.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan visi dan misinya terhadap pembangunan di Dumai melalui Program Dumai Berkhidmat yang sudah berjalan.

"Terdapat 6 (enam) khidmat yang kami maksimalkan untuk membangun Dumai yaitu Khidmat Kesehatan, Khidmat Pendidikan, Khidmat Infrastruktur, Khidmat Sosial Ekonomi, Khidmat Kebersihan, dan Khidmat Penerangan," sebutnya.

Dirinya optimis melalui Program Berkhidmat, mimpi besar Dumai untuk menjadi Kota Idaman, dan menjadi kota pelabuhan dan industri yang unggul dan bertumpu pada budaya melayu dapat terwujud.

Disisi lain, Pj. Bupati Bieruen Aulia mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang di berikan Pemko Dumai kepada dirinya dan rombongan.

Dirinya mengungkapkan, kedatangannya di Kota Dumai dalam rangka studi literatur sebagai rekomendasi dalam penetapan Kawasan Industri dan Kawasan Peruntukan Industri di Kabupaten Bireuen, khususnya untuk keperluan penetapan Kawasan Industri di peta pola ruang revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Bireuen tahun 2012-2032.

"Pertemuan ini bukan hanya seremonial belaka, namun menjadi langkah yang tepat untuk kedua pemerintah saling bersinergi demi kemajuan kedua daerah khususnya disektor industri dan pelabuhan," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil Kota Dumai, dilanjutkan dengan penyerahan pelakat dan cendera mata dari kedua belah pihak.