APRIL-APR Kembali Gelar Anugerah Jurnalistik 2022

APRIL-APR Kembali Gelar Anugerah Jurnalistik 2022
Dibentuk pada tahun 2013 oleh Grup APRIL dan terletak di pesisir timur pulau Sumatra, RER merupakan area hutan seluas 150.693 hektar yang terletak di dua wilayah. Area seluas 130.095 hektar berada di tengah blok hutan yang membentang 344.573 hektar di Sem

PANGKALAN KERINCI (SC)  - Setelah sukses tahun lalu menggelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ), PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), dan Asia Pacific Rayon (APR) kembali menyelenggarakan lomba karya tulis jurnalistik tahun ini dengan nama Anugerah Jurnalistik APRIL-APR tahun 2022. 

Anugerah Jurnalistik APRIL-APR tahun 2022 ini merupakan bentuk penghargaan bagi para jurnalis di Provinsi Riau yang mengusung tema ’Building a sustainable future through conservation and partnerships’ atau 'Membangun masa depan berkelanjutan melalui Konservasi dan Kemitraan'.

Tema ini berkaitan dengan komitmen APRIL2030, yakni Thriving Landscape  atau pilar Lanskap yang Berkembang. Ini juga sejalan dengan komitmen APR2030 untuk mendukung konservasi dan perlindungan habitat satwa liar di Indonesia.

Deputy Head Of Communications Disra Alldrick mengatakan APRIL2030 dan APR2030 merupakan komitmen transformatif berisi serangkaian aksi nyata perusahaan yang berkontribusi positif terhadap iklim, alam, dan pengembangan masyarakat.

“Pada pilar lanskap yang berkembang, grup APRIL memiliki sejumlah target untuk memajukan konservasi dan keanekaragaman hayati dengan mengedepankan pendekatan model proteksi-produksi, salah satunya memastikan zero net loss di kawasan konservasi,” sebut Disra Alldrick yang akrab disapa Erick.

Penyelenggaraan Anugerah Jurnalistik APRIL-APR tahun 2022, kata Erick, mengangkat sejumlah pesan kunci mengenai konservasi dan restorasi di antaranya meliputi komitmen APRIL terhadap pemulihan ekosistem gambut di Semenanjung Kampar melalui Restorasi Ekosistem Riau (RER) serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai net sink pada 2030 dari industri kehutanan atau FOLU (Forest and Other Land Uses) Net Sink. Karya dibuat dalam bentuk tulisan berbahasa Indonesia berupa in depth atau feature.

“Kegiatan Anugerah Jurnalistik APRIL-APR ini juga merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung upaya restorasi hutan nasional serta mendukung tercapainya target Indonesia FOLU Net Sink 2030 yang menjadi prioritas pemerintah,” jelasnya lagi.

Karya-karya terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai puluhan juta rupiah, piagam penghargaan dan souvenir menarik. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jurnalis di Provinsi Riau dalam menghasilkan karya dan kinerja jurnalistik sekaligus memberikan edukasi kepada publik mengenai pentingnya konservasi dan pengelolaan hutan secara lestari.

Peserta dapat mendaftarkan diri dan mengirimkan karya terbaiknya melalui tautan https://bit.ly/LKTJ2022-APRIL-APR hingga 2 Januari 2023 pukul 23.59 WIB.

Informasi lebih lanjut tentang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR 2022 dapat dilihat di akun resmi media sosial APRIL dan APR di Facebook Sahabat PT RAPP, Instagram  @discoverapril @sahabatrapp dan @aprayon.